Wapres Ma'ruf Amin Jadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-63

Rabu 14-08-2024,13:35 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menghadiri upacara peringatan hari Pramuka Nasional ke-63 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, pada 14 Agustus 2024.

Upacara itu dilaksanakan secara daring dengan total 100 ribuan anggota Pramuka se-Indonesia yang hadir.

Ma’ruf Amin yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pun menjadi pembina upacara dalam kesempatan kali ini.

BACA JUGA:Hari Pramuka 14 Agustus: Sejarah, Makna, Tema dan Logo Peringatan ke-63


Upacara memperingati Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.--Youtube Sekretariat Presiden

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI terdapat dua instrumen yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan bermasyarakat yaitu pramuka dan pancasila.

“Menurut saya seorang pramuka pastilah seorang pancasilais, seorang pancasilais pasti mencerminkan semangat dan jiwa kepramukaan," jelasnya dikutip dalam siaran Youtube sekretariat Presiden.

Ia pun meyakini bahwa pramuka akan melahirkan banyak pemimpin bangsa yang siap dan tangguh dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin komplek.

BACA JUGA:Hari Ikrar Gerakan Pramuka 30 Juli, Begini Sejarahnya


Wapres Ma'ruf Amin menjadi pembina upacara dalam memperingati Hari Pramuka ke-63.--Youtube Sekretariat Presiden

Ma'ruf Amin berharap gerakan pramuka dapat mencegah distorsi niali-nilai pancasila. Sehingga terus terjaga eksistensinya dan terinternalisasi pada setiap warga negara.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa pesan kepada para pramuka serta kader pramuka yang hadir dalam upacara. 

Pertama, agar setiap kader pramuka ikut mewujudkan gerakan pramuka yang lebih modern, profesional, dan lincah. Juga melakukan perbaikan yang konstruktif, solutif, dan bisa memberi manfaat nyata kepada masyarakat.

BACA JUGA:Kemendikbud Bantah Hapus Ekskul Pramuka, Tegaskan Pentingnya Kegiatan Ekskul di Sekolah

Kedua, menjadikan gerakan pramuka sebagai wadah untuk pengembangan diri bagi generasi penerus bangsa.

Kategori :