IAF Ke-2 Bali Eratkan Solidaritas Indonesia dan Negara-Negara Afrika: Presiden Jokowi Dorong Diplomasi Inklusif

Senin 02-09-2024,13:22 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Taufiqur Rahman

"Pada kesempatan yang penuh kegembiraan ini, izinkan saya memperkenalkan Presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang akan dilantik bulan depan dan akan memimpin Indonesia di masa depan," kata Presiden Jokowi.

Acara gala dinner tersebut tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat hubungan bilateral dan multilateral antara Indonesia dan negara-negara Afrika, tetapi juga menjadi sarana untuk menampilkan keragaman budaya Indonesia.

Para tamu undangan disuguhi dengan berbagai penampilan musik dan tarian tradisional Indonesia yang memukau, yang dipersembahkan oleh artis-artis terkenal seperti Jemimah, Rini, Rahmania Astrini, Isyana Sarasvati, Assia Keva & Gamaliel, Rendy Pandugo, Elsa Japasal, Raisa, dan Yuni Shara.

BACA JUGA:Pemerintah Terapkan Protokol Ketat untuk Cegah Penyebaran Mpox pada HLF MSP dan IAF 2024 di Bali

Selain para tamu negara, sejumlah pejabat tinggi Indonesia turut hadir dalam jamuan tersebut, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga merupakan Presiden RI terpilih 2024-2029, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan beberapa menteri lainnya.

Kehadiran para menteri ini menegaskan dukungan penuh pemerintah Indonesia terhadap penguatan hubungan dengan negara-negara Afrika.

Gala dinner ini tidak hanya mencerminkan hangatnya diplomasi Indonesia terhadap Afrika tetapi juga menegaskan komitmen Indonesia dalam menjaga hubungan baik dan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang peserta program magang reguler Harian Disway

Kategori :