Hati-Hati Penipuan Lewat Telepon, Begini Cara Memblokir Nomor Tidak Dikenal

Kamis 05-09-2024,20:38 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Siapa yang tidak pernah menerima telepon atau pesan dari nomor tak dikenal? Terkadang, nomor-nomor ini bisa menjadi ancaman, terutama jika berasal dari penipu. Penipuan melalui telepon atau pesan kini semakin sering terjadi.

Mulai dari tawaran hadiah palsu, penipuan berkedok investasi, hingga modus lainnya. Tidak hanya mengganggu, hal ini juga bisa menyebabkan kerugian materi maupun emosional. Tak sedikit lho nilainya yang sudah ditanggung oleh banyak orang.

Maka dari itu, penting untuk segera mengambil tindakan tegas dengan cara memblokir nomor tersebut. Berikut ini Harian Disway merangkum cara-cara untuk memblokir nomor tidak dikenal yang membahayakan Anda. Simak selengkapnya!

BACA JUGA: Cara Menggunakan Chat Lock WhatsApp untuk Menjaga Keamanan Percakapan

Cara Blokir Nomor Penipu di Berbagai Jenis Ponsel

Cara Blokir Nomor Penipu di Android

Bagi pengguna Android, memblokir nomor bisa dilakukan langsung melalui menu panggilan. Pertama, buka aplikasi telepon di ponsel, lalu cari nomor yang ingin diblokir. Tekan dan tahan nomor tersebut hingga muncul beberapa pilihan.

Pilih opsi "Blokir" atau "Laporkan sebagai Spam" untuk mencegah nomor tersebut menghubungi kita lagi. Setelah memblokirnya, nomor tersebut tidak akan bisa mengirim pesan pada Anda atau melakukan panggilan lagi.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghindari telepon penipu yang terus-menerus melakukan aksinya. Anda juga akan lebih nyaman tanpa terganggu lagi dengan segala cara yang dilancarkan oleh penipu.

BACA JUGA: Tanda WhatsApp Disadap, Salah Satunya Muncul Kode OTP Mencurigakan

Cara Blokir Nomor Penipu di iPhone

Jika Anda pengguna iPhone, langkah-langkah memblokir nomor sangat mudah. Pertama, buka aplikasi telepon, lalu pilih tab "Recent" untuk menemukan nomor yang baru saja menghubungi. Tekan ikon "i" di sebelah nomor yang ingin Anda blokir.

Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi "Block this Caller." Dengan langkah ini, nomor tersebut tidak akan bisa menghubungi lagi. Sama seperti di Android, pemblokiran ini juga berlaku untuk pesan teks.

Cara Blokir Nomor Penipu melalui Aplikasi

Selain menggunakan fitur bawaan ponsel, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi seperti Truecaller, Hiya, atau Mr. Number bisa membantu memblokir nomor-nomor mencurigakan.

Kategori :