Hati-Hati Penipuan Lewat Telepon, Begini Cara Memblokir Nomor Tidak Dikenal

Kamis 05-09-2024,20:38 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA: Kiamat iPhone 5! Ini Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai Whatsapp Mulai 1 Juli 2024

Cukup unduh dan instal aplikasinya. Ikuti petunjuk untuk mengaktifkan fitur pemblokiran. Aplikasi ini akan bekerja secara otomatis untuk memfilter panggilan yang tidak diinginkan. Anda juga bisa melaporkan nomor tersebut agar orang lain waspada.

Sebagai antisipasi, jangan pernah memberikan informasi pribadi, seperti nomor rekening bank atau kode OTP, kepada siapa pun apalagi bila melalui telepon tanpa alasan yang jelas. Langkah yang satu ini benar-benar harus Anda perhatikan.
Jika ada telepon dengan nomor yang tak Anda kenal, penting untuk segera mengambil tindakan tegas dengan cara memblokir nomor tersebut. --Unsplash

Logikanya, jika ada urusan penting, biasanya perusahaan atau lembaga resmi akan menghubungi melalui jalur resmi, bukan telepon pribadi, bukan. Karena itu Anda harus bertanya dulu apakah telepon mewakli perusahaan atau bukan.

BACA JUGA: Kiamat iPhone 5! Ini Daftar HP yang Tidak Bisa Pakai Whatsapp Mulai 1 Juli 2024

Bagaimana? Sekarang Anda makin paham bukan bahwa menghadapi panggilan atau pesan dari nomor tak dikenal bisa sangat mengganggu. Namun, dengan langkah sederhana seperti memblokir nomor, Anda bisa melindungi diri dari ancaman penipuan.

Jangan ragu untuk memanfaatkan fitur blokir di ponsel atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk keamanan ekstra.Tetap waspada, jangan memberikan informasi pribadi dengan mudah, dan laporkan nomor penipu ke pihak berwenang.

Ingat, keamanan digital setiap orang adalah tanggung jawab diri masing-masing. Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa merasa lebih aman saat menggunakan ponsel dan terhindar dari penipuan. (*)

*) mahasiswa magang dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

Kategori :