Otorita IKN Komitmen Pembangunan Nusantara Berlanjut Hingga 2045

Minggu 08-09-2024,12:33 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyampaikan komitmennya pada pembangunan sustainable forest city dalam acara Bisnis Indonesia Forum yang dilaksanakan pada Rabu, 4 September 2024.

Forum tersebut bertujuan untuk mengumpulkan gagasan serta aspirasi dari dunia usaha untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan rekomendasi kebijakan bagi pemerintahan baru.

Troy Pantouw, Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik Otorita IKN, dalam kesempatan itu menekankan bahwa pembangunan Nusantara akan tetap dijalankan sesuai dengan prinsip sustainable forest city.

BACA JUGA:OIKN Tegaskan Komitmen Pemerintah Tak Goyah Untuk Lanjutkan Pembangunan IKN

Seperti yang diketahui, konsep forest city IKN mengadopsi prinsip-prinsip keberlanjutan, seperti kota tanpa emisi karbon dan pelestarian ekosistem hutan tropis di Kalimantan.


Mengintip arsitektur Istana Garuda IKN--PUPR

"Kami optimis, dan kita semua disini juga harus optimis bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara akan terus berlanjut hingga 2045. Hal ini juga tentunya ditandai dengan terus masuknya investor, baik dari dalam maupun luar negeri ke Nusantara. Beberapa waktu ke depan akan ada launching perdana investor asing yang akan berinvestasi di Nusantara." jelas Troy.

Troy juga menambahkan mengenai pentingnya kerja sama dengan UMKM khususnya mitra kontraktor dalam proyek ini.

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 4.9 Guncang Gianyar, Bali, Dua Rumah Rusak Ringan

"Tentunya kerja sama dengan mitra kontraktor disini juga menjadi penting. Pembangunan IKN itu butuh peran semua pihak, 100 persen karya anak bangsa, jadi kita musti berkolaborasi, berpartisipasi secara aktif dan inklusif," kata Troy 

Pernyataan ini menegaskan komitmen Otorita IKN untuk memastikan pembangunan Ibu Kota Nusantara mengutamakan tidak hanya pertumbuhan ekonomi, tetapi juga keberlanjutan lingkungan yang selaras dengan visi besar untuk menjadikan Nusantara sebagai model kota hutan berkelanjutan di masa depan.(*)

 

Kategori :