OIKN Tegaskan Komitmen Pemerintah Tak Goyah Untuk Lanjutkan Pembangunan IKN

OIKN Tegaskan Komitmen Pemerintah Tak Goyah Untuk Lanjutkan Pembangunan IKN

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono (kiri) dalam diskusi Bloomberg CEO Forum-OIKN-

HARIAN DISWAY - Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), berpartisipasi dalam panel diskusi yang bergengsi di acara Bloomberg CEO Forum pada Rabu, 4 September 2024. 

Forum ini menghadirkan para pemimpin global untuk membahas prospek pertumbuhan ekonomi dan strategi investasi di masa depan.

Melalui diskusi tersebut, Otorita IKN melalui Agung menekankan kembali komitmen pemerintah Indonesia pada kelanjutan pembangunan Nusantara. Termasuk yang paling menjadi fokus utama adalah pembangunan infrastruktur dan investasi yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya.

BACA JUGA:Dewas Minta Pansel Coret Capim KPK yang Kena Sanksi Etik, Nurul Ghufron Terancam Gagal

Ia melihat bahwa peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 menjadi momen krusial yang menandai transformasi IKN menjadi “new economic hub” yang bertujuan untuk memperluas pertumbuhan ekonomi dan diwariskan untuk generasi mendatang.

Agung menggambarkan IKN sebagai  "City in the making and dream in progress," yaitu kota yang mencerminkan prinsip-prinsip pembangunan kota modern yang berkelanjutan, inovasi, dan inklusivitas. 


Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono (kiri) dalam diskusi Bloomberg CEO Forum-OIKN-

Progres pembangunan kota impian ini didukung oleh investasi yang semakin signifikan, mencapai sekitar USD 3,7 miliar, serta dukungan anggaran dari APBN.

BACA JUGA:Hati-hati! Wabah Mpox Meningkat, Anggota DPR Minta Kesehatan Anak Diperhatikan

Dalam memperluas peluang investasi, IKN memerlukan kolaborasi dengan berbagai institusi guna memperkuat investasi dan meningkatkan kepercayaan investor. Hingga kini, telah dilakukan tujuh kali groundbreaking di IKN, dengan rencana groundbreaking berikutnya bersama satu investor asing dalam waktu dekat.

Pencapaian ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam membangun IKN untuk menciptakan lingkungan ekonomi yang berkembang.

Untuk menjaga agar aliran investasi terus meningkat, Otorita IKN bekerja sama dengan kementerian terkait dalam merumuskan strategi baru yang berfokus pada pemberian insentif regulasi, fiskal, serta kemudahan berusaha. 

BACA JUGA:Daftar Lengkap Reshuffle Kabinet selama Dua Periode Pemerintahan Jokowi

Upaya ini sejalan dengan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sekaligus memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: