Hati-hati! Wabah Mpox Meningkat, Anggota DPR Minta Kesehatan Anak Diperhatikan

Hati-hati! Wabah Mpox Meningkat, Anggota DPR Minta Kesehatan Anak Diperhatikan

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo-DPR RI-www.dpr.go.id

HARIAN DISWAY - Sehubungan dengan peningkatan wabah Cacar Monyet atau MonkeyPox (Mpox), Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyeru pada masyarakat agar memperhatikan kesehatan anak mereka.

Apalagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menjelaskan kalau anak-anak lebih rentan terjangkit Mpox dibandingkan orang dewasa.

“Walaupun bukan berarti masyarakat harus takut atau panik, tapi mengantisipasi lebih baik daripada mengobati. Pastikan anak-anak kita terjaga dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutur Rahmad dalam rilisnya kepada Parlementaria, di Jakarta, Jumat, 6 September 2024.

“Sebisa mungkin hindari dulu tempat ramai atau kerumunan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Mirip Seperti Covid 19, Begini Penyebaran Virus Mpox

WHO juga telah merilis data rasio kematian anak-anak di bawah usia satu tahun akibat Mpox menembus angka 8,6 persen. Rasio tersebut mengungguli data kematian 2,4 persen pasien berusia 15 tahun ke atas.

Menanggapi hal tersebut, Rahmad meminta agar masyarakat tidak merasa cemas maupun khawatir berkepanjangan sebab Mpox sejatinya bisa diobati.

Ia meminta agar masyarakat mengikuti informasi yang dikeluarkan pemerintah, seperti mengenai gejala awal hingga cara penanganan wabah yang sudah berkembang di dunia internasional tersebut.

“Jangan gampang percaya pada informasi di media sosial yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Cari informasi dari sumber-sumber terpercaya,” ujar politisi PDIP tersebut.

BACA JUGA:Indonesia Wajib Waspada! Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Menular Lewat Hubungan Seks Bebas

Rahmad juga menyeru agar seseorang yang dalam keadaan suspek atau berpotensi terjangkit Mpox mendapatkan perlindungan berlapis. Ia juga menyoroti peran lingkungan pendidikan yang harus berperan aktif dalam mencegah penularan wabah ini.


Ilustrasi cacar monyet--Daily Beast

Perkembangan wabah Mpox  telah menjadi buah bibir masyarakat internasional. Untuk di Indonesia sendiri, Rahmad menyarankan agar pemerintah dapat bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengentaskan Mpox.

“DPR juga akan terus melakukan pengawalan. Dan tentu diperlukan dukungan dari masyarakat itu sendiri dengan menjaga keluarga lewat berbagai upaya-upaya antisipasi, seperti penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terang pria jebolan Universitas Trisakti itu.

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: