Indonesia Wajib Waspada! Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Menular Lewat Hubungan Seks Bebas

Indonesia Wajib Waspada! Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Menular Lewat Hubungan Seks Bebas

Indonesia Wajib Waspada! Penularan Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Ini Penjelasan Epidemiolog--unsplash

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Sempat dinyatakan sebagai Public Emergency Concern oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2022 - 2023, Cacar Monyet atau Mpox kembali menjadi outbreak serius pada tahun 2024.

Pada tahun 2023, Mpox diperkirakan banyak pakar dan WHO akan menjadi epidemi secara diam-diam. 

Kini Mpox benar-benar menjadi epidemi yang serius. Kasus penularan Mpox terbesar di tahun 2024 terjadi di Afrika Selatan terutama Kongo.


Indonesia Wajib Waspada! Penularan Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Ini Penjelasan Epidemiolog-Dicky Budiman Epidemiolog--drdickybudiman

Dicky Budiman, Epidemiolog sempat memprediksikan bahwa Cacar Monyet akan menjadi epidemi sejak kemunculannya di Indonesia, tepatnya di Jakarta pada tahun 2022.

“Terus terang, sayang sekali akhirnya ramalan itu terbukti ya, dan ini menunjukkan bahwa ancaman bukan hanya untuk Kongo atau Afrika ya, tapi juga termasuk Indonesia menjadi sangat serius dan harus disikapi serius,” tutur Dicky.

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli

WHO pada beberapa waktu lalu menyatakan bahwa keberadaan Mpox ini telah memiliki varian baru, yakni Mpox Clade 1A & 1B.

Varian tersebut yang menyebar saat ini di Kongo dan menyebabkan kematian lebih tinggi.

BACA JUGA:Covid-19 Belum Tuntas, WHO Tetapkan Status Darurat Global Cacar Monyet

Epidemiolog Dicky Budiman juga menyampaikan atas perkembangan varian Mpox ini juga menjadi bentuk kewaspadaan Indonesia terkhusus pada kelompok-kelompok yang berisiko lebih terkena virus cacar monyet atau Mpox ini.

“Terutama adalah pekerja seksual, kemudian juga pelaku seks bebas ya dan juga kelompok penyuka sesama jenis, khususnya gay atau homo, kelompok penderita HIV, bahkan pengguna IDU, serta LGBT,” jelas Dicky kepada Harian Disway melalui pesan rekaman suara, 30 Juni 2024.

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Menyebar, Apakah Bisa Jadi Pandemi? Simak Penjelasan Epidemiolog

Hal ini sesuai dengan fakta yang ditemukan di Afrika terutama di Kongo, bahwa penyebab outbreak Mpox ini adalah penularan secara transmisi seksual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: