Virus Cacar Monyet Menyebar, Apakah Bisa Jadi Pandemi? Simak Penjelasan Epidemiolog

Virus Cacar Monyet Menyebar, Apakah Bisa Jadi Pandemi? Simak Penjelasan Epidemiolog

Salah satu gejala monkeypox pada kulit penderitanya. -WHO-www.who.int

HARIAN DISWAY - Virus cacar monyet alias Monkeypox kembali menjadi perbicangan setelah 7 pria di Jakarta terinfeksi virys yang menyebabkan ruam merah di kulit ini. 

Kementerian Kesehatan menyebut pasien terinfeksi karena kerap melakukan hubungan seksual yang beresiko. 

Cacar monyet sendiri bukanlah penyakit baru. Dewasa ini, penyakit cacar monyet mulai merebak kembali di dunia, termasuk di Indonesia. Lantas, apakah cacar monyet berpotensi jadi pandemi?

Menurut data dari World Health Organization (WHO) per tanggal 20 Oktober 2023, kasus cacar monyet di dunia sudah mencapai angka 91.123 kasus di 115 negara dengan total 157 kematian.

Menurut Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama, cacar monyet bukan berstatus kedaruratan kesehatan global. Namun, setiap orang perlu waspada terhadap penyakit ini.

BACA JUGA: Mengenal Herpes Zoster, Penyakit yang Bisa Muncul Pada Penderita Cacar Air yang Sudah Sembuh

“Penyakit virus dari genus Orthopoxvirus, yang terdiri dari 2 galur (“clade”) I dan II,” tutur Guru Besar FKUI itu.

Tjandra menjelaskan bahwa penularan dari cacar monyet ini disebabkan oleh kontak langsung dengan orang yang sakit maupun benda yang terkontaminasi dari binatang atau penyakit zoonosis.

“Penyakit cacar monyet dapat didiagnosa melalui pemeriksaan PCR pada kulit pasien yang terdapat gejala cacar monyet,” sambung Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara ini menjelaskan ada 2 tahap penyakit bisa dikatakan jadi pandemi dunia, terkhususnya penyakit cacar monyet yaitu:

BACA JUGA: Virus Monkeypox Menyebar di Jakarta, Pasien Terinfeksi Diketahui Suka Melakukan Hubungan Sejenis

Tahap Pertama

Tahap pertama adalah penyakit cacar monyet menularkan ke berbagai negara atau bahasa dari WHO adalah Disease Outbreak News (DONs). Namun hingga saat ini, penyakit cacar monyet belum bisa digolongkan ke dalam Disease Outbreak News (DONs). Artinya, cacar monyet belum termasuk penyakit yang berpotensi menyebar luas antara negara.

Tahap Kedua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: