Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Desa Durbuk Kampung Asri yang Peduli Lingkungan

Senin 09-09-2024,22:44 WIB
Reporter : Tri Septi Hari Nikita*)
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Kemudian untuk pemanfaatan lahan kosong lainnya, Pemdes Durbuk membuat tabulampot untuk tanaman alpukat, jeruk, sayur, juga kolam ikan lele. Pemdes Durbuk juga mendirikan Asman Toga (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga).

Asman Toga tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman serta contoh kepada masyarakat desa agar mengerti serta mengetahui jenis-jenis dan cara menanam tanaman obat keluarga. Baik dari segi manfaatnya bagi kesehatan tubuh serta kemudahan dalam mendapatkannya.


Asman Toga Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.--

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ingatkan Anggota TNI/Polri tentang Etika Profesi

Dengan berbagai inovasi tersebut, pengelolaan lingkungan hidup menjadi lebih baik, bersih, rapi dan rindang. Dampaknya, Desa Durbuk selalu terpilih dalam lomba-lomba kebersihan. Mulai tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan sampai tingkat Jawa Timur seperti lomba BERSERI, PROKLIM dan ADIPURA.

Desa Durbuk bahkan pernah meraih Juara 1 Lomba Berseri (Bersih dan Lestari) tingkat kabupaten. Selain itu, Desa Durbuk juga pernah menerima penghargaan dari Bupati Pamekasan atas partisipasi dalam Anugerah Adipura Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

 

*Artikel ini ditulis oleh Tri Septi Hari Nikita, mahasiswa Politeknik Negeri Malang, peserta Magang Regular di Harian Disway

Kategori :