Israel vs Italia 1-2: Tak Terkalahkan, Gli Azzuri Perkasa di Klasemen Grup A2 UEFA Nations League

Selasa 10-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

Dalam laga melawan Israel, Luciano Spalletti mengubah formasi dari 4-4-2 ke 3-5-2. Di samping itu, ia melakukan lima perubahan dari skuad yang mengalahkan Prancis.

Giacomo Raspadori dan Moise Kean menjadi starter, menggantikan Lorenzo Pellegrini dan Mateo Retegui. Ia juga memasang Alessandro Buongiorno di posisi bek tengah. Menggantikan Riccardo Calafiori yang absen karena cedera betis.

Raspadori yang sangat lincah dipasang sebagai second striker, dan ia membayar kepercayaan Spalletti. Ia sering turun ke kedalaman untuk bekerja dari lini tengah.

Davide Frattesi membawa Italia unggul beberapa saat sebelum turun minum. Ia memasukkan bola ke gawang Israel dengan dadanya dari jarak dekat. Memanfaatkan umpan manis dari Federico Dimarco di dalam kotak penalti.

BACA JUGA:Didier Deschamps Yakin Prancis dan Italia Akan Tampil Kompetitif di UEFA Nations League

BACA JUGA:Nations League 2024-2025, Italia Masuk Grup 2, Bersiap Lawan Prancis

Gol itu jadi pembuktian Frattesi, yang kebugarannya sempat diragukan bisa tampil dalam pertandingan tersebut. Setelah berhasil membuka skor, Italia bisa mempertahankan kedudukan 1-0 sampai jeda.


Israel vs Italia 1-2: Tak terkalahkan, Gli Azzuri perkasa di klasemen Grup A2 UEFA Nations League. Foto: Davide Frattesi mengawali serangan yang berbuah gol.-Attila Kisbenedek-AFP

Pada awal babak kedua, Italia langsung menekan lagi. Belum lama dari kick-off, kiper Israel Yoav Gerafi harus bersusah payah menggagalkan upaya Davide Frattesi untuk menggandakan keunggulan.

Kans berikutnya terjadi ketika bek Alessandro Bastoni menyaru jadi gelandang di dalam kotak penalti. Menggiring bola sendirian dari sektor pertahanan, pemain berusia 24 tahun itu mencoba melepaskan tembakan mendatar. Tapi lagi-lagi, gagal.

Gol kedua Italia baru lahir pada menit ke-62. Berawal dari tekanan Giacomo Raspadori di kotak penalti Israel, yang digagalkan oleh kiper Gerafi dengan cara menukik. Bola mental, jatuh ke kaki Moise Kean. Tanpa dribble, ia melepaskan tembakan ketika Gerafi masih terkapar. Gol, 2-0 untuk Italia.

BACA JUGA:Hasil Merenung, Spalletti Ungkap Formasi Baru Timnas Italia Pasca EURO 2024

BACA JUGA:Bek Muda Italia Riccardo Calafiori: The Next Paulo Maldini?


Israel vs Italia 1-2: Tak terkalahkan, Gli Azzuri perkasa di klasemen Grup A2 UEFA Nations League. Foto: Moise Kean (depan) jadi pencetak gol kedua Italia.-Attila Kisbenedek-AFP

Gol kedua membuat Italia mulai bergerak dengan lebih percaya diri. Mereka nyaris menambah gol ketiga. Namun tendangan rendah Sandro Tonali dari jarak dekat sudah terjebak offside.

Sebaliknya, Israel malah bikin tegang ketika mereka akhirnya membalas satu gol, tepat sebelum peluit akhir berbunyi. Mohammed Abu Fani yang mencetak gol dari tepi kotak penalti setelah timnya mendapatkan tendangan bebas.

Kategori :