50 Contoh Tema Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Untuk Peringatan di Sekolah

Sabtu 14-09-2024,15:26 WIB
Reporter : Jessica Laurent

HARIAN DISWAY - Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tahun pada bulan Rabiul Awal berdasarkan kalender Hijriah.

Menurut kalender Hijriah yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, 12 Rabiul Awal pada tahun ini jatuh pada 1446 Hijriah, yang bertepatan dengan hari Senin, 16 September 2024.

Maulid Nabi, atau dalam bahasa Arab, Mawlid an-Nabi, adalah perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah.

Peringatan ini dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kata "maulid" atau "milad" dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Tradisi memperingati Maulid Nabi mulai berkembang setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW dan menjadi bagian dari budaya masyarakat Islam.

BACA JUGA:Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Daop 8 Surabaya Tambah Armada

Kebanyakan umat Islam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan membaca salawat, saling berbagi sedekah, sampai berbagu cerita teladan kehidupan yang membawa kebaikan bagi umat manusia.

Peringatan ini juga diadakan sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai pengingat atas kebesaran serta keteladanan beliau.

Banyak komunitas Muslim menjalankan perayaan ini dengan kegiatan keagamaan, ritual, dan budaya, seperti pembacaan syair-syair pujian, ceramah, dan doa bersama.

Di beberapa sekolah turut menyelenggarakan acara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagai tema yang dirancang khusus agar lebih dekat dengan siswa dan siswi muslim.

BACA JUGA:Hadiri Istighotsah dan Maulid Nabi, Gibran Titip Para Santri Kawal Program Dana Abadi Pesantren.


Contoh tema kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024.--Freepik

Berikut ini beberapa tema yang dapat dijadikan pilihan untuk mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan sekolah.

1. "Meneladani Akhlak Rasulullah untuk Membangun Generasi Islami"

2. "Cahaya di Bumi: Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW"

Kategori :