Bacaan Sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Senin 16-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Maulid Nabi yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah menjadi momentum istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Pada perayaan Maulid Nabi, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada Rasulullah SAW.

Hari kelahiran Nabi Muhammad itu menjadi waktu untuk refleksi bagi umat Islam mengenang beliau sebagai pembawa risalah Islam dan teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca sholawat pada Maulid bukan sekadar ibadah rutin. Tapi juga doa yang menghubungkan kita dengan Allah SWT. Dengan memperbanyak sholawat, kita dapat meraih berkah, syafaat, dan kedamaian batin, sekaligus memperkuat ikatan spiritual dengan Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Long Weekend Maulid Nabi, Jasa Marga Catat 405 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

BACA JUGA:Whoosh Catat Penjualan 85 Ribu Tiket Per Hari di Momen Libur Maulid Nabi

Berikut beberapa sholawat yang bisa diamalkan oleh umat Islam saat Maulid Nabi Muhammad SAW.

1. . Sholawat Maulid Nabi Singkat

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

 

Allaahumma shalli alaa muhammad wa'alaa aali Muhammad.

Artinya: "Ya Allah, kesejahteraan dilimpahkan kepada Muhammad dan keluarganya."

2. Sholawat Nariyah

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shalli shalatan kamilatan wa sallim salaman tamman 'ala sayyidinaa Muhammad alladzi tanhallu bihil 'uqadu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdha bihil hawaaiju wa tunalu bihir ragha-ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghamamu biwajhihil karimi wa 'ala alihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi-'adadi kulli ma'lumil lak.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang dengan perantaranya dapat melepas segala kerepotan atau ikatan, menghilangkan segala kesusahan, mendatangkan segala hajat, tercapainya husnul khatimah, dan terpenuhi segala keinginan, diturunkan hujan dari awan berkat wajahnya yang mulia dan juga kepada keluarganya dan sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan tarikan napas, sebanyak pengetahuan yang Engkau miliki."

BACA JUGA:122 Ribu Kendaraan Diprediksi Menuju Arah Timur Trans Jawa Selama Libur Maulid Nabi

Kategori :