FISIP Unair Jalin Kerja Sama dengan Jerman, Gelar Fisiptasi Internasional Kenalkan Budaya

Jumat 20-09-2024,11:49 WIB
Reporter : Doan Widhiandono
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Kamis, 19 September 2024, Kementerian Hubungan Luar BEM FISIP Universitas Airlangga (Unair) menyambut kunjungan mahasiswa dari Philipps-Universität Marburg, Jerman. Kunjungan itu diikuti 19 mahasiswa dari berbagai fokus studi, didampingi oleh satu dosen pembimbing. Tujuannya adalah berbagi pengalaman antara mahasiswa internasional dengan anggota BEM FISIP Unair.

Selama kunjungan, para tamu diajak berkeliling kampus. Mereka juga mengunjungi Museum Etnografi serta menikmati makan siang bersama di kafetaria kampus.

Salah satu momen yang paling berkesan bagi para mahasiswa Jerman adalah saat mereka diajak untuk ikut serta dalam kegiatan suporter olahraga di ajang perlombaan antar program studi FISIP. Pengalaman itu merupakan sesuatu yang baru bagi mereka karena tidak ada di negara asal mereka.

Selain disambut antusias oleh para anggota BEM di setiap kementerian, kegiatan tersebut juga mendapat sambutan antusias dari anggota magang BEM FISIP yang disebut sebagai eksekutif muda. Mereka mendapatkan pengalaman berharga melalui interaksi langsung dengan mahasiswa internasional yang tentunya memberikan kesan mendalam bagi mereka.

BACA JUGA:Unair Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Mlaten, Dampingi Perajin Gerabah Bisa Ekspor

BACA JUGA:FK Unair Kenalkan Program Tele-EKG, Bantu Dokter di Jayapura untuk Pembacaan Rekam Jantung

’’Ini pengalaman yang berharga,’’ ucap Adinda Tazkia Rahman, salah seorang staf eksekutif muda BEM FISIP Unair. Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2024 tersebut bisa berbincang dan berinteraksi dengan mahasiswa dari Jerman. Mereka membicarakan banyak hal. Mulai makanan favorit hingga sistem pendidikan.

Kegembiraan yang ditunjukkan oleh mahasiswa dari Jerman itu juga membuat Tazkia, sapaannya, menjadi sangat bersemangat. ’’The excitement of the students from Philipps-Universität Marburg, Germany, gave a happy impression on us, and we hope we succeeded in giving a warm welcome,” ucapnya.


Mahasiswa FISIP Unair dan mahasiswa asal Jerman berfoto bersama.-Humas Unair-

Raina Elysia Rahma, staf Hubungan Luar BEM FISIP, juga mendapatkan kenangan yang indah. ’’Super memorable. Mereka sangat interaktif dan terbuka. Saya berani mulai berbicara pada mahasiswa asing,’’ katanya.

Mahasiswa Prodi Administrasi Publik angkatan 2023 itu juga mendapatkan perspektif baru tentang lingkungan akademis di Jerman. Mulai kehidupan kampus, makanan, dan sebagainya.

’’Banyak juga culture shock yang dirasakan oleh mereka, but in good way. So far, ini kegiatan Fisiptasi Internasional yang paling berharga bagi saya,” tambah Raina.

BACA JUGA:Rapat Pleno Senat Akademik Universitas Airlangga (1): Mencari Pemimpin Transformatif Unair ke Depan

BACA JUGA:YPKABK, FISIP Unair, dan Pemdes Gelar Pelatihan Kader ABK di Dukuh Tengah

Menurut Inayah Keydiza, penanggung jawab acara, seluruh peserta berusaha saling berinteraksi untuk menciptakan perspektif baru. Baik bagi mahasiswa Jerman atau mahasiswa Indonesia. ’’Semangat mereka dalam berusaha merasakan kehidupan mahasiswa Indonesia membuat saya kagum,’’ ucap mahasiswa Prodi Hubungan Internasional angkatan 2022 itu.

Kategori :