Ridwan Kamil Siapkan 4 Strategi Jitu untuk Menangkan Hati Warga di Pilkada Jakarta 2024

Senin 23-09-2024,21:06 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Pasangan Ridwan Kamil-Suswono maju Pilkada diusung oleh KIM Plus, sebuah koalisi partai yang mendukung Prabowo-Gibran dalam pemilu 2024. Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar. Sedangkan Suswono adalah Ketua Majelis Pertimbangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyampaikan 4 strategi yang akan dijalankan bersama dengan calon wakilnya, Suswono, dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Empat strategi itu dirancang agar bisa mendekatkan diri kepada warga dan mencuri simpati masyarakat untuk bisa menang Pilkada.

"Kami ada 4 teknik kampanye. Nomor satu, blusukan. Nanti saya akan menyapa ibu-ibu," ujar Emil ketika berkunjung ke kediaman Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) Luthfi Hakim di Jakarta Timur, Minggu, 22 September 2024.

BACA JUGA:Ridwan Kamil-Suswono Resmi Daftar ke KPU DKI Jakarta, Bawa Dukungan 13 Parpol!


Ridwan Kamil Siapkan 4 Strategi Jitu untuk Menangkan Hati Warga di Pilkada Jakarta 2024. Ridwan Kamil-Suswono Pilih Naik Ojek Online untuk Pengundian Nomor Urut di KPUD Jakarta-Disway/Cahyono-

Menurut Emil, kegiatan blusukan itu bisa jadi salah satu cara efektif untuk dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat. Meski begitu, ia belum menentukan lokasi spesifik untuk melakukan blusukan. Emil juga menyebut bahwa dirinya tak masalah jika dalam blusukan akan banyak warga yang mengajaknya foto bersama.

Selain blusukan, Emil juga menjelaskan terkait strateginya yang lain. Selain blusukan, strategi kedua adalah mengunjungi tokoh-tokoh penting di Jakarta. Bertujuan untuk membangun kepercayaan dan dukungan mereka terhadap visi-misi program yang ditawarkan. 

Strategi ketiga yang telah direncanakan Emil adalah menggelar acara yang melibatkan publik. Seperti senam bersama atau pasar murah. "Acara senam atau pasar murah, sekaligus bikin forum," jelasnya.

BACA JUGA:12 Partai Politik Resmi Usung Ridwan Kamil - Suwono di Pilgub Jakarta 2024


Hasil Survei LSI yang menempatkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di angka 51,8 persen, belum sepenuhnya membuat RK puas-Disway.id/Fajar Ilman-

Strategi yang terakhir, Emil akan membuat seminar untuk membahas visi-misi dan program kerja dengan lebih mendalam dan terperinci. "Diskusi yang lebih mirip seminar. Waktunya lebih panjang. Sehingga bisa menjelaskan lebih runtut," ungkapnya.

Dengan menggabungkan keempat strategi itu, Emil berharap dapat membangun kedekatannya dengan warga Jakarta dan meningkatkan dukungan masyarakat kepadanya.

Tahapan kampanye pilkada 2024 itu baru akan dilakukan pada 25 September 2024 sampai 23 November 2024. Selama periode berlangsung, Emil dan Suswono akan melaksanakan kampanye sesuai dengan strategi yang mereka buat.

Kemudian, pemungutan suara Pilkada di seluruh wilayah di Indonesia akan dilakukan serentak pada 27 November 2024.

*) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, program MBKM magang Harian Disway.

Kategori :