Mau Mulai Koleksi Gundam? Kenali Dulu Macam-Macam Grade Gunpla Beserta Kisaran Harganya

Minggu 29-09-2024,22:36 WIB
Reporter : Dave Yehosua
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mereka yang baru ingin memulai hobi mengoleksi robot Gundam, tepatnya Gundam plastic model (Gunpla) harus mengetahui bahwa model kit berbasis anime Gundam ini dibagi dalam berbagai kelas yang disebut grade. 

Grade menentukan ukuran, detail model, hingga harga dari sebuah model kit Gunpla. Secara umum, dikenal enam grade Gunpla. Meliputi entry grade (EG), super deformed (SD), high grade (HG), real grade (RG), master grade (MG), dan perfect grade (PG). Memang ada model-model lain yang di luar 6 kriteria ini, seperti Mega Size, Metal Build, High Resolution dan sebagainya, namun mereka tidak umum dan diproduksi dalam jumlah sangat terbatas. 

Karena beda kelas beda ukuran dan detilnya, berbeda pula tingkat kesulitan perakitannya. Entry grade misalnya, bisa dirakit dengan sekali duduk karena hanya melibatkan puluhan parts. Sementara Master Grade bisa mencapai ratusan part yang harus dirangkai dan dirakit secara hati-hati. 

Untuk mengenal lebih jauh masing-masing grade, simak penjelasan berikut

BACA JUGA:Tertarik Koleksi Gundam? Coba Dulu 4 Gundam Entry Grade Untuk Kamu Kolektor Pemula, Harga Cuma 100 Ribuan

BACA JUGA:Gundam, Mainan Berbasis Anime yang Dikoleksi Berbagai Kalangan, Mulai Anak Muda Hingga Bapak-Bapak

Entry Grade (EG)


Entry Grade Strike Gundam versi dasar (kiri) dengan Aile Striker Pack (Kanan) -Bandai, Titip Jepang-

Gunpla kelas ini biasanya memiliki skala 1/144 atau 114 kali lebih kecil dari ukuran sebenarnya (jika meka Gundam dibangun di dunia nyata, tingginya mencapai 17-20 meter) atau kira-kira 12 sampai 17 sentimeter. Gunpla jenis EG adalah yang paling mudah untuk dirakit dengan jumlah parts yang sedikit.

Harganya juga terbilang cukup murah. Hanya sekitar Rp 100 hingga 200 ribu rupiah saja. Namun kekurangannya adalah tingkat detil dari robot meka yang terbilang sangat minimalis dan sederhana. Seperti namanya, merakit Gunpla kelas EG sangat cocok untuk pemula yang belum begitu mengenal bagian-bagian dan teknik merakit gunpla. 

Super Deformed (SD)


Gundam Freedom dari kelas SD. Bentuknya lucu dan mungil--Bandai

SD atau Super Deformed merupakan grade Gunpla yang paling kecil ukurannya. Dengan proporsi kepala yang besar dan badan yang pendek, tampilannya jadi terlihat lucu. Proses perakitannya tergolong mudah karena komponen yang digunakan berukuran besar, hampir tanpa partikel kecil.

Mulai dari kaki hingga kepala dan senjata, semuanya dirakit dalam bentuk yang sederhana. Namun, karena fokusnya bukan pada detail, Gunpla SD ini mengandalkan stiker untuk memperkaya detail dan warna. Tingginya berkisar antara 8-10 cm dan gerakannya sangat terbatas. Di sisi lain, SD juga menawarkan harga yang lebih terjangkau. Mulai dari Rp80.000 hingga Rp200.000.

High Grade (HG)

Kategori :