Mau Mulai Koleksi Gundam? Kenali Dulu Macam-Macam Grade Gunpla Beserta Kisaran Harganya

Minggu 29-09-2024,22:36 WIB
Reporter : Dave Yehosua
Editor : Taufiqur Rahman


HG Gundam Calibarn, salah satu Gunpla kelas HG dari serial Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury--Bandai

Bagi perakit Gunpla pemula, High Grade (HG) seringkali menjadi pilihan utama. Gunpla HG memiliki skala 1/144 juga. Namun detil yang ditawarkan sudah lebih banyak dan semakin mendekati aslinya. Selain itu, model HG juga memiliki artikulasi (gerakan sendi untuk pose model) yang memadai, memungkinkan berbagai pose dasar.

Skala umum untuk HG adalah 1/144 dengan tinggi sekitar 13-15 cm. Kelas ini biasanya diambil para pemula karena tingkat kerumitannya yang tidak terlalu sulit. Apalagi dengan harga yang berkisar antara Rp130.000 hingga Rp400.000, menjadikannya pilihan yang ramah bagi yang baru terjun ke dunia Gunpla.

Selain itu, kelas HG adalah model kit yang paling banyak tersedia pilihannya di pasaran. Hampir semua meka Gundam dari puluhan series Gundam ada versi HG nya. 

Real Grade (RG)


RG God Gundam, salah satu Gunpla kelas RG dari serial Mobile Fighter G--Bandai

Kelas Real Grade (RG) ditujukan untuk kamu yang sudah mulai serius menekuni hobi merakit dan mengoleksi Gunpla. Ukurannya memang sama dengan EG maupun HG, namun detil yang ditawarkan sudah jauh lebih tinggi. 

Lini produk RG diluncurkan oleh Bandai pada tahun 2010 untuk melengkapi lini HG dan Master Grade (MG) yang telah duluan mewarnai pasar. Lini RG didasarkan pada ide bagaimana bentuk meka Gundam ketika ia dibangun di dunia nyata.  


RG Impulse Gundam dengan inner frame nya saja sebelum ditempeli armor -The Gundam Wiki-

Karena detil rumit yang ditawarkan, komponen-komponen RG lebih kecil dan butuh ketelitian tinggi untuk merakitnya. Belum lagi model RG sudah mengusung konsep inner frame atau rangka penuh dari sebuah meka yang harus dibangun terlebih dahulu sebelum menempelkan armor atau bagian kulit luar dari meka itu sendiri. 

Inner frame ini juga yang mengatur semua persendian di model kit hingga bisa diposekan sesuka hati. Kesulitan perakita HG  sebanding dengan hasil akhirnya. Dengan detail yang mengagumkan hingga ke senjata, RG sangat mudah diposekan dan lebih fleksibel dibandingkan HG. Harga RG berkisar antara Rp280.000 hingga Rp450.000.

Master Grade (MG)


Master Grade Extreme (MGEX) Strike Freedom Gundam. Salah satu model kit unggulan dari lini Master Grade Gundam. Mobile suit jagoan dari serial Mobile Suit Gundam Seed Destiny--Bandai

Beranjak ke tingkat yang lebih tinggi, Master Grade (MG) adalah lini yang sangat digandrungi oleh banyak penghobi Gunpla. Model kit dari kelas ini menawarkan kemewahan, detil yang tinggi, bahan berkualitas, pose yang gagah, sampai aksesoris yang lengkap. 

Mereka yang mengoleksi MG adalah mereka yang benar-benar mencintai seri Gundam dan serius dalam mengoleksi Gunpla. Pasalnya, satu meka kelas Master Grade saja harganya bisa berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp. 1,5 juta.  Cocok dengan pepatah "ada harga ada kualitas".

MG juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada HG dan RG, yakni skala 1/100 dengan tinggi 15-17 cm. Proses perakitan MG jauh lebih rumit karena komponen yang lebih kecil dan lebih banyak. Meski begitu hasil akhirnya memberikan kepuasan tersendiri karena detailnya sangat menonjol.

Kategori :