Emiliano Martinez Dihukum FIFA Gara-gara Enggak Respek, Absen di Dua Laga Timnas Argentina

Minggu 29-09-2024,15:26 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Emiliano Martinez mendapat hukuman dari FIFA berupa larangan bermain selama dua pertandingan Timnas Argentina. Hukuman itu dijatuhkan karena tindakannya yang dianggap berlebihan.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengonfirmasi kabar tersebut pada Sabtu, 28 September 2024.

Penjaga gawang Timnas Argentina itu dinyatakan bersalah atas dua insiden terpisah. Salah satunya adalah pelanggaran kode etik FIFA saat ia memegang replika trofi Copa America.

BACA JUGA:Paris Tak Aman! Zico dan Markas Timnas Argentina Dirampok, Kerugian Milyaran Rupiah

Tindakan Kontroversi Emiliano Martinez


Emiliano Martinez berpeluang memenangkan kembali Yashin Trophy 2024--BBC

Emiliano Martinez memegang dan menaruh trofi itu di bagian pangkal pahanya usai kemenangan Argentina atas Chile pada 5 September 2024. Tindakan itu dinilai tak pantas dan bertentangan dengan prinsip fair play FIFA. 

Namun, itu bukan kali pertama Emiliano Martinez melakukan aksi kontroversial. Pada final Piala Dunia 2022, setelah Argentina mengalahkan Prancis melalui adu penalti, Martinez kembali menarik perhatian dengan membawa trofi Sarung Tangan Emas. 

Kala itu Emiliano Martinez menyandang status kiper terbaik di turnamen tersebut. Ya, ia juga melakukan gerakan serupa. Hal itu memicu kritik dari berbagai pihak yang menilai tindakannya yang kontroversial. 

Tak hanya itu, FIFA juga menjatuhkan hukuman tambahan kepada Emiliano Martinez atas insiden lain yang terjadi pada 10 September 2024. Setelah kekalahan Argentina dari Kolombia dengan skor 2-1, Emiliano Martinez terlihat memukul kamera media.

Kiper Aston Villa itu memukul kamera dengan sarung tangannya. Tindakan itu dianggap sebagai tindakan yang tidak profesional dan bertentangan dengan kode etik FIFA.

BACA JUGA:Pelatih Timnas Argentina: Messi Bagian dari Tim, Gagal Penalti Tak Pengaruhi Kemenangan!

Timnas Argentina Kehilangan Emiliano Martinez


Emiliano Martinez ke Manchester United, Erik Ten Hag Tolak Kiper Terbaik Dunia Demi Andre Onana-emi_martinez26/Instagram-

Terkait keputusan itu Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) menyatakan ketidakpuasannya. Dalam pernyataan resminya, AFA menyebutkan bahwa mereka sepenuhnya tak setuju dengan keputusan yang diambil oleh komite disiplin FIFA.

Kategori :