Puan Maharani Calon Tunggal Ketua DPR RI 2024-2029 dari PDIP

Senin 30-09-2024,12:41 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Ketua DPP PDI-P, Said Abdullah, menegaskan bahwa Puan Maharani akan menjadi calon tunggal Ketua DPR RI periode 2024-2029 dari PDI-P.

Pernyataan tersebut disampaikan Said usai penutupan sidang DPR RI periode 2019-2024 pada Senin, 30 September 2024. Keputusan ini dianggap final oleh internal partai, dengan Said menyatakan bahwa pencalonan Puan sebagai Ketua DPR telah diputuskan tanpa ada perubahan. 

Mekanisme penunjukan pimpinan DPR ini mengikuti ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Berdasarkan UU ini, kursi pimpinan DPR akan dibagikan kepada lima fraksi partai politik yang meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

BACA JUGA:Puan Maharani Ucapkan Terima Kasih Pada Demonstran: DPR Selalu Memperhatikan Aspirasi Dari Rakyat

PDIP yang meraih suara terbanyak, berhak mengusulkan calon untuk posisi Ketua DPR, dan Puan Maharani menjadi pilihan tunggal dari partai tersebut.

"Insyaallah kalau dari PDI Perjuangan, final calonnya tunggal ibu Puan Maharani," ungkap Said di kompleks parlemen.

Pada Pileg 2024, PDIP berhasil meraih 25.387.279 suara atau 16,72 persen dari total suara, mengamankan 110 kursi DPR untuk periode 2024-2029.

BACA JUGA:Fix! Gerindra Tunjuk Bahtiyar Rifai Jadi Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya

Partai Golkar berada di posisi kedua dengan 23.208.654 suara, dan Gerindra di tempat ketiga dengan 20.071.708 suara.

Wakil Ketua DPR dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa tidak ada perubahan dalam UU MD3 untuk periode mendatang.

Oleh karena itu, mekanisme penunjukan pimpinan DPR akan tetap sama, dengan masing-masing partai pemenang suara terbanyak mengusulkan kandidat untuk posisi pimpinan DPR.

BACA JUGA:Gerindra Dapat Jatah Kursi Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya

Namun, untuk posisi pimpinan MPR dari PDIP, Said Abdullah menjelaskan bahwa hal ini masih dalam tahap pembahasan dan belum ada keputusan pasti mengenai siapa yang akan diusung. “Pimpinan MPR dari PDIP perjuangan masih digodok,” tambahnya. 

Dengan demikian, dalam waktu dekat, Puan Maharani hampir dipastikan akan melanjutkan posisi sebagai Ketua DPR, sementara keputusan terkait posisi di MPR masih menunggu hasil musyawarah internal partai. (*)

*) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, program MBKM magang Harian Disway.

Kategori :