Rajin Belajar Kunci Menjadi Wisudawan Terbaik

Senin 30-09-2024,15:54 WIB
Oleh: Mirni Lamid dan Bagong Suyanto

WISUDAWAN TERBAIK

Dalam acara wisuda ke-244 Universitas Airlangga kali ini, ada sejumlah wisudawan yang mendapatkan penghargaan khusus. Mereka adalah wisudawan terbaik dengan IPK yang tertinggi di fakultas maing-masing. Mereka semua adalah wisudawan yang memiliki prestasi pembelajaran terbaik. 

Mereka tidak sekadar lulus, tetapi berhasil menyelesaikan mata kuliah demi mata kuliah dengan nilai yang excellent. Berbeda dengan wisudawan berprestasi yang dilihat pada capaian mereka di luar kegiatan kuliah, wisudawan terbaik murni dipilih dari prestasi akademik selama kuliah.

Dari fakultas kedokteran, wisudawan terbaik disandang Evania Nakhwah Saraswati. Evania lulus dengan IPK 3,86. Itu adalah capaian prestasi yang benar-benar luar biasa di fakultas tertua di lingkungan Universitas Airlangga ini. Evania selama studi pernah terpilih sebagai salah seorang penerima program IISMA yang berkesempatan belajar di Italia, tepatnya di Fakultas Psikologi, Universitas Padova. 

Wisudawan terbaik di FK itu sadar bahwa menjadi dokter tidak hanya mumpuni dari segi penguasaan keterampilan medis, tetapi juga harus memiliki pengetahuan lebih dari sisi psikologi dan empati dalam berkomunikasi dengan pasien.

Annisa Rahmawati adalah wisudawan terbaik dari FISIP, Universitas Airlangga. Lulusan dari program studi administrasi publik itu memiliki prinsip belajar atau menimba ilmu adalah investasi yang baik untuk masa depan. Jangan takut keluar dari zona nyaman dan memanfaatkan waktu belajar sebaik-banilnya. Itu nasihat Annisa untuk adik-adik kelasnya yang kini masih berjuang untuk dapat lulus kuliah.

Sementara itu, dari fakultas sains dan teknologi, penghargaan wisudawan terbaik disandang Mirtha Aini Paradista. Mirtha adalah sosok wisudawan yang sangat cinta keluarga. Ibunya sudah meninggal ketika ia belum menyelesaikan kuliah sehingga sang ayah selama ini merupakan orang tua tunggal. 

Kecintaannya kepada keluargalah yang menjadi energi positif Mirtha untuk meraih prestasi terbaik. Mirtha berharap agar adiknya juga dapat segera menyelesaikan kuliah, kemudian membalas kebaikan orang tuanya yang membesarkannya.

Wulan Dewanti Martamevia adalah wisudawan terbaik dari fakultas kesehatan masyarakat. Lalu, Regithabangin Pramundhita adalah wisudawan terbaik dari fakultas ilmu budaya. Regithabangin berasal dari program studi bahasa dan sastra Indonesia. IPK dia tercatat nyaris sempurna, yakni 3,93.

Wisudawan terbaik lain adalah Warda Chafidya. Warda adalah wisudawan terbaik dari fakultas perikanan dan kelautan. Ada banyak prestasi yang diraih Warda. Dia adalah salah seorang mahasiswa yang mendapatkan kesempatan menjadi student exchange di Kasetsart University, Bangkok, Thailand. 

Warda beruntung karena mendapatkan kesempatan menjadi peneliti di laboratorium mikrobiologi di Thailand dan bisa menyelesaikan skripsi di sana. Warda juga pernah menjuarai Mandalika Essay Competition dalam bidang pangan.

Prastyo Bagus Pamungkas adalah wisudawan terbaik program D-4 fakultas vokasi. Bagus sosok wisudawan yang agak berbeda. Meski diimpit tekanan kemiskinan dan ketidakmampuan ekonomi keluarga, hal itu tidak membuat ia surut. Bagus berhasil lulus dengan menyandang predikat wisudawan terbaik. 

Di samping itu, ia pernah menjadi runner-up sebagai Duta Wisata Jawa Timur 2023 dan finalis kompetisi Campus Integrity 2023 yang diselenggarakan KPK RI.

IPK 4,00

Di jajaran wisudawan terbaik yang mendapatkan penghargaan rektor, beberapa di antaranya benar-benar membanggakan karena lulus dengan IPK sempurna, yakni 4.00. Dari 3.327 lulusan yang diwisuda, jumlah wisudawan yang lulus dengan IPK 4.00 bisa dihitung dengan jari. 

Mereka, antara lain, adalah Dewi Rahmawati dari program S-2 fakultas ekonomi dan bisnis, Shah Faisal dari program studi S-3 fakultas farmasi, Devia Yoanita Kurniawati dari program studi S-2 fakultas kedokteran hewan, dan Lukman Hakim dari program studi S-2 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.

Kategori :