Profil dan Perjalanan Karier Marissa Haque, dari Aktris Jadi Cawagub Banten

Rabu 02-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Qwaysh Bintang*
Editor : Retna Christa

Masih ingin mengejar banyak hal, ibu 2 anak itu melanjutkan studinya ke program Magister Bahasa Anak Tuna Rungu, Fakultas Humaniora, Universitas Kristen Atma Jaya dan Magister Administrasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

BACA JUGA:KH Buya Syakur Yasin Wafat, Ulama Kharismatik Indramayu dan Pengasuh Ponpes Cadangpinggan

BACA JUGA:Innalilahi: Prof Rizal Ramli Wafat di Usia 69 Tahun

Akhirnya, Marissa Haque mampu menamatkan pendidikan dengan gelar doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) dari program Pusat Studi Lingkungan.

Terjun ke Dunia Politik


Profil Marissa Haque, Istri Ikang Fawzi yang Meninggal Dunia, jadi Artis hingga Politikus-marissahaque-Instagram

Tak ingin berhenti belajar, Marissa Haque kembali menantang dirinya untuk mengimplementasikan semua ilmu yang dapat. Marissa berpartisipasi dalam pemilu 2004 sebagai calon anggota DPR dari PDI Perjuangan.

Dengan popularitasnya sebagai artis, dan kualitasnya sebagai peraih gelar doktor, Marissa percaya diri mengikuti Pemilu 2004, sebagai calon legislatif dari Dapil Bandung. Dia lolos ke Senayan untuk periode 2004-2009.

Belum habis periode jabatan sebagai DPR, Marissa mengundurkan diri dengan alasan akan mengikuti pilgub Banten.

Dia ditawari menjadi calon Wakil Gubernur yang diusung PKS, berpasangan dengan Zulkiflimansyah sebagai calon Gubernur. Gara-gara itu, dia dikeluarkan dari PDIP. Karena PDIP waktu itu mengusung pasangan Ratu Atut Chosiyah dan Muhammad Masduki.

BACA JUGA:Eddy Rumpoko Mantan Wali Kota Batu Wafat, Diduga Karena Gastroenteritis

BACA JUGA:Eddy Rumpoko Wafat, Ini Profil dan Perjalanan Karier Sang Mantan Wali Kota Batu

"Saya bukan dipecat PDIP. Saya keluar dari PDIP karena ada sesuatu yang membuat saya tidak nyaman di sana," kata Marissa dalam sebuah wawancara pada April 2012.

Marissa Haque tidak berhasil menjadi wagub Banten. Karena kalah oleh Ratu Atut. Namun, hal itu tak lantas membuat Marissa berhenti dari dunia politik.

Dia kemudian mencari kapal lain. Bergabunglah Marissa dengan PPP pada 7 Oktober 2007 sebelum akhirnya menetap di PAN sejak 2012 bersama sang suami.

Dalam karier sebagai aktris maupun politikus, Marissa Haque beberapa kali terjerat konflik dan kontroversi. Ia kerap berseteru dengan orang-orang di dunia asli maupun dunia maya karena perbedaan pendapat.

Kategori :