Benfica vs Atletico Madrid 4-0: Los Rojiblancos Tak Berkutik di Tangan Sang Elang

Kamis 03-10-2024,06:23 WIB
Reporter : *Mochamad Farid Huda
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Tetangga sekota ini rupanya kompak. Ketika Real Madrid kalah oleh Lille di mathcday kedua Liga Champions, Atletico Madrid ikut-ikutan.

Bedanya, tim asuhan Diego Simeone itu dihajar habis oleh Benfica 0-4 di Estadio do Benfica, Kamis 03 September 2024 dini hari WIB.

Diego Simeone yang menurunkan pemain andalan seperti Antoine Griezmann, Angel Correa, dan Julian Alvarez, tidak berdaya di hadapan Benfica yang tampil sangat solid dan mendominasi.

Pertahanan solid pasukan Diego Nascimento dan kreativitas pemain tengahnya, berhasil membuat Atletico Madrid mati kutu.

BACA JUGA:Atletico Madrid vs Valencia 3-0, Dua Pemain Baru Los Rojiblancos Cetak Gol Debut

 

BACA JUGA:Suporter Atletico Madrid Rusuh, Lempar Korek Hingga Pisau ke Pemain Real Madrid

Benfica mencetak gol lewat Muhammad Kareem Arturkoglu di menit ke-13, penalti Angel di Maria di menit ke-52 dan Orkun Kokcu menit ke-84, serta tendangan Alexander Bah.


Benfica vs Atletico Madrid 4-0: Los Rojiblancos tak berkutik di tangan Sang Elang. Foto: pemain Benfica merayakan kemenangan mereka dengan fans, 3 Oktober 2024.-Patricia de Melo Moreira-AFP

Dengan hasil itu, The Eagles (alias Sang Elang, sebutan Benfica) berhasil merengsek ke posisi 3 klasemen sementara dengan 6 poin. Sedangkan Atletico Madrid terbenam di posisi ke-23 dengan 3 poin.

Kekecewaan Jan Oblak

Dikutip dari ESPN , kiper Atletico Madrid Jan Oblak mengaku sangat kesal dengan hasil pertandingan tersebut. "Kekalahan ini menyedihkan, ini hal yang buruk dan aku tidak bisa berkata banyak," ujarnya.

Ia berkata bahwa tidak dapat menanggung kekalahan telak tersebut. Menurutnya, penampilan timnya tidak ada bagus-bagusnya.

BACA JUGA:Atletico Madrid Kejar Real Madrid dan Barcelona, Pasca Kalahkan Celta Vigo 1-0

 

BACA JUGA:MU Bertekad Bangkit Lawan Porto di Liga Europa, Bruno Fernandes Cs Move On dari Kekalahan Kontra Tottenham

"Aku tidak melihat satu pun hal positif pada pertandingan hari ini.  Kami tidak menampilkan hal baik sedikit pun," tambahnya.

Meskipun demikian, ia tidak ingin terus berlarut dalam hasil pertandingan ini. "Tidak ada yang selamat hari ini, kami harus menerima kenyataan ini dan tetap terus maju ke depan," imbuhnya.


Benfica vs Atletico Madrid 4-0: Los Rojiblancos tak berkutik di tangan Sang Elang. Foto: Kiper Jan Oblak gagal membendung tendangan Kareem Arturkoglu, 3 Oktober 2024. -Patricia de Melo Moreira-AFP

Jalannya Pertandingan Benfica vs Atletico Madrid

Tampil di hadapan publik sendiri, Benfica memang menekan sejak awal. Mereka langsung mendapatkan peluang emas pertama pada menit ke-6. Sundulan Evangelos Pavlidis tepat ke arah gawang, tapi ditepis dengan sigap oleh Jan Oblak.

Muhammad Kareem Akturkoglu membuka keunggulan Benfica pada menit ke-13. Fredrik Aursnes, gelandang The Eagles, mengirimkan umpan ke kotak penalti, yang dieksekusi dengan baik oleh Akturkoglu. Gol, 1-0 untuk Benfica.

BACA JUGA:Atletico Madrid Kalahkan Celta Vigo 1-0, Julian Alvarez Jadi Pahlawan

BACA JUGA:Atletico Madrid vs Valencia 3-0, Dua Pemain Baru Los Rojiblancos Cetak Gol Debut

Pasukan Los Rojiblancos tampil agresif setelah kebobolan. Namun, soliditas pertahanan Benfica berhasil menggagalkan serangan demi serangan dari Atletico Madrid.

Praktis, Atletico tampil menyerang dan Benfica tampil defensif. Hanya tendangan Samuel Lino saja pada menit ke-35 yang menjadi peluang emas Los Rojiblancos, tetapi membentur tiang gawang. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, laga baru berjalan empat menit ketika Benfica mendapat hadiah penalti. Gara-garanya, setelah Evangelos Pavlidis dilanggar Jose Maria Gimenez di kotak terlarang.

Angel Di Maria, sang eksekutor, berhasil mengonversikannya menjadi gol.

BACA JUGA:Bilbao vs Atletico Madrid 0-1: Angel Correa Bawa Atleti Curi Kemenangan di San Mames

BACA JUGA:Atletico Madrid vs Girona 3-0: Los Rojiblancos Menang, Gallagher Jalani Debut!


Benfica vs Atletico Madrid 4-0: Los Rojiblancos tak berkutik di tangan Sang Elang. Foto: Angel di Maria merayakan gol kedua ke gawang Atletico, 3 Oktober 2024. -Patricia de Melo Moreira-AFP

Pasukan Bruno Lage tampil lebih agresif daripada babak pertama. Mereka terus menekan Atletico Madrid. Los Rojiblancos tidak diberi kesempatan untuk mengatur serangan dengan baik.

Alexander Bah mencetak gol header di menit 75' melalui skema tendangan penjuru. Jan-Niklas Beste berhasil mengarahkan bola ke pojok kanan Jan Oblak, lalu ditanduk tajam oleh Alexander Bah.

Bertubi-tubi serangan Benfica terhadap Atletico Madrid, dan permainan pasukan Diego Simeone sama sekali tidak menunjukkan perkembangan yang baik.

The Eagles mendapatkan hadiah penalti kembali setelah Zeki Amdouni diinjak kakinya oleh Reinildo Mandava di kotak penalti di menit ke-81. Penalti Orkun Kokcu membenamkan Atletico Madrid 4-0.

BACA JUGA:Drama Transfer Atletico Madrid-Chelsea Makin Rumit! Kini Conor Gallagher Balik Ke London

BACA JUGA:Atletico Madrid VS Juventus: Skor 2-0, Joao Felix On Fire!

Praktis, Benfica tampil sangat solid dan perkasa. Sedangkan, Atletico Madrid tidak mampu mengimbangi permainan The Eagles. Skor 4-0 bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.

"Mereka mengambil keuntungan dari semua kesalahan yang kami lakukan. Dan faktanya adalah, mereka berhak menang," kata pelatih Atletico Diego Simeone. (*)

Susunan Pemain Benfica vs Atletico Madrid

Benfica (4-3-3):  1-A. Trubin (GK); 6-A. Bah, 44-T. Araujo, 30-N. Otamendi, 3-Alvaro Carreras, 8-F. Aursnes, 61-Florentino, 10-O. Kokcu, 11-A. Di Maria, 14-E. Pavlidis, 17-K. Akturkoglu

Pelatih: Bruno Lage

Atletico Madrid (3-4-2-1):  13-J. Oblak (GK); 20-A. Witsel, 2-J. Gimenez, 23-R. Mandava, 14-Llorente, 5-R. De Paul, 6-Koke, 12-S. Lino, 10-A. Correa, 19-J. Alvarez, 7-A. Griezmann

Pelatih: Diego Simeone

Statistik Pertandingan Benfica vs Atletico Madrid 

Tendangan: 19 - 4

Tendangan Ke Arah Gawang: 10 - 0

Penguasaan Bola: 54% - 46%

Passing (Akurasi Sukses): 614 (88%) - 538 (86%)

Pelanggaran: 6 - 8

Kartu Kuning (Merah): 1 (0) - 4 (0)

Offside: 1-1

Tendangan sudut: 4-2

*) Peserta Magang MBKM dari Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya

Kategori :