Adhy Minta Duta Wisata Promosikan Pariwisata Jatim

Senin 07-10-2024,15:35 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Jawa Timur punya segudang destinasi wisata. Karena itu, PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono berpesan agar duta wisata Jatim lebih gencar mempromosikan destinasi wisata di provinsi tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan platform digital. Salah satunya media sosial. 

Pesan itu disampaikan Adhy dalam gelaran malam Grand Final Raka Raki Jatim 2024 di Graha Unesa Surabaya, Sabtu 5 Oktober 2024 malam. Dalam gelaran ini, Raka Fiki Andriansah dari Kabupaten Ponorogo dan Raki Aurellia Rizka Paramita dari Kabupaten Banyuwangi terpilih menjadi pemenang.

Adhy menambahkan, pentingnya memanfaatkan platform digital dalam promosi dalam bentuk apapun. Lantaran potensi wisata di Jatim sangat besar. Tercatat, ada sekitar 1.391 destinasi wisata dan 630 desa wisata.

"Sektor pariwisata di Jatim adalah yang terbesar. Kami berpesan, nanti siapapun yang terpilih dapat mempromosikan destinasi yang ada ini melalui kanal digital sehingga seluruh dunia tahu keindahan dan keberagaman budaya di Jatim," katanya, Senin, 7 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Adhy Karyono Ajak Masyarakat Ingat Perjuangan Para Gubernur Jatim

BACA JUGA:Pj Gubernur Adhy Targetkan Akhir Tahun 2024 Kemiskinan Ekstrem Jatim Capai 0 Persen

Dengan adanya promosi yang masif tersebut, lanjut Adhy, dapat berdampak pada naiknya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bumi Majapahit.

Jumlah wisman yang berkunjung ke Jatim sejak Januari hingga Agustus 2024 mengalami kenaikan sebesar 77,3 persen atau sebanyak 222.078 jika dibandingkan dengan tahun 2023 yakni sebesar 125.236 wisman.

"Kita ingin agar supaya para finalis, putra-putri terbaik Jatim yang terpilih malam hari ini dapat berkontribusi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur," katanya. "Dengan naiknya kunjungan wisatawan maka akan berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat," tambah Adhy.

Salah satu strategi dalam menarik wisatawan adalah dengan mengadakan berbagai event kebudayaan. Tercatat, sebanyak 810 event budaya yang telah dilaksanakan di Jatim sepanjang 2023. Dan di 2024, hingga September tercatat 876 event budaya dan pariwisata. 

BACA JUGA:Ingin Meningkatkan Wisatawan ke Jatim, Ini kata Adhy Karyono...

BACA JUGA:Buka IOG SCM Summit 2024, PJ Gubernur Adhy: Jawa Timur Penghasil Migas Nasional

Selain itu, Adhy mengingatkan bahwa sektor pariwisata erat kaitannya dengan ekonomi kreatif (ekraf). Di Jatim, terdapat lima sektor ekraf. Di antaranya adalah kuliner sebesar 36,74 persen, kriya 20,12 persen, fashion 12,28 persen, pertunjukan 10,9 persen dan musik sebesar 8,16 persen. "Ekonomi kreatif kita juga sangat berkontribusi. Artinya budaya dan pariwisata berpengaruh pada peningkatkan ekonomi masyarakat kita," katanya. 

Adhy juga mengapresiasi atas terselenggaranya event pemilihan duta wisata raka raki Jatim 2024. "Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh penyelenggara, sehingga event yang besar dalam sektor budaya, pariwisata ini dapat terselenggara," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Jatim Evy Afianasari menyampaikan, gelaran kali ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Jatim dalam mengajak generasi muda mempromosikan potensi wisata di Jatim.

Kategori :