Adhy Karyono Ajak Masyarakat Ingat Perjuangan Para Gubernur Jatim

Adhy Karyono Ajak Masyarakat Ingat Perjuangan Para Gubernur Jatim

Makam gubernur Jatim pertama Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo di Kompleks Makam Kerto Sasono Mulyo Jalan Salak, Kabupaten Magetan. -Humas Pemprov Jatim-

HARIAN DISWAY - Pemprov Jatim akan berusia 79 tahun. Menyambut hari jadinya ini, para pejabat di lingkungan Pemprov Jatim melakukan tradisi tahunannya. Melakukan ziarah ke makam gubernur Jatim pertama Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo.

Makam itu berada di Kompleks Makam Kerto Sasono Mulyo Jalan Salak, Kabupaten Magetan. Tradisi jelang peringatan Hari Jadi Pemprov Jatim yang rutin digelar setiap tahunnya ini adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kepada sosok pemimpin pertama Jatim ini.

Ia juga merupakan Pahlawan Nasional Pembela Kemerdekaan RI. “Kami di jajaran pemerintah, forkopimda juga seluruh masyarakat untuk tetap bisa mengenang perjuangan beliau (Gubernur Soerjo),” kata Adhy, Rabu 2 Oktober 2024.

“Kemudian pengorbanan beliau. Karena memang sampai dengan akhir hayatnya beliau meninggal dibunuh. Itu bagian dari pengorbanan yang tidak bisa kita nilai dengan materi," tambah Adhy Karyono usai ziarah.

BACA JUGA:Ingin Meningkatkan Wisatawan ke Jatim, Ini kata Adhy Karyono...

BACA JUGA:Adhy Karyono Dorong Transaksi Non Tunai di Jatim

Diketahui, RMT Ario Soerjo menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur periode 1945-1948. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Bupati Magetan periode 1938 - 1943 dan Residen Bojonegoro pada 1943-1945.

Gubernur Jatim pertama ini merupakan sosok pelopor perjuangan arek-arek Suroboyo. Melalui pidatonya, Gubernur Suryo mengatakan akan melawan Inggris sampai titik darah penghabisan. Kemudian memantik terjadinya pertempuran rakyat Jawa Timur melawan pasukan Inggris pada 10 November 1945.

Adhy pun mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur agar tidak melupakan tokoh-tokoh besar yang telah berjasa dalam membangun bangsa termasuk membangun Jawa Timur. Di antaranya Gubernur Soerjo, M. Noer, dan Gubernur Jatim lainnya.

"Demikian juga dengan gubernur-gubernur yang lainnya baik yang sudah meninggal ataupun yang masih hidup. Kita akan silaturahmi," katanya lagi.

BACA JUGA:Jaga Kondusifitas Pemilu 2024, Adhy Karyono Terima PWI Jatim Award 2024

BACA JUGA:Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas 2024, PJ Gubernur Adhy Karyono: Jaga Profesionalisme

Dirinya bersama jajaran Pemprov Jatim juga akan berziarah ke makam Gubernur Jatim M. Noer di Kabupaten Sampang dalam waktu dekat. 

Usai ziarah, Pj Gubernur Jatim ini memberikan bingkisan dan tali asih kepada lima orang keluarga ahli waris RMT Ario Soerjo. Selain itu, orang nomor satu di Jatim ini juga memberikan santunan kepada 10 anak yatim piatu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: