Potensi Besar Industri Game Indonesia, Siap Go International

Selasa 08-10-2024,15:01 WIB
Reporter : Dave Yehosua
Editor : Guruh Dimas Nugraha

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Industri game di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat. Dalam beberapa tahun terakhir, game buatan anak bangsa mulai mendapatkan pengakuan internasional dan memberikan kontribusi besar pada perekonomian.

Pada 2023, pendapatan industri game Indonesia diperkirakan mencapai sekitar USD 1,8 miliar. Menjadikannya salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara​.

Dengan jumlah gamer yang mencapai lebih dari 100 juta orang, terutama di sektor game mobile, Indonesia kini menempati peringkat 16 pasar game dunia. Game mobile telah menjadi sektor yang paling berkembang, berkontribusi lebih dari separuh pendapatan industri itu.

Game populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile sangat digemari dan menjadi bagian penting dari komunitas gamer di Indonesia​.

BACA JUGA:Mau Berkarir di Industri Game dan Programming? Yuk, Ikut IGDX 2024

BACA JUGA:5 Pengembang Game Lokal Ini Akan Ikut Di IGDX 2024


Salah satu game yang digandrung di Indonesia adalah Mobile Legend--Steam

Bahkan melalui Peraturan Presiden No. 19/2024, Pemerintah Indonesia menunjukkan keseriusannya dalam mempercepat pengembangan industri game lokal. Regulasi itu mengatur tentang kolaborasi antara pengembang lokal, investor, dan pemerintah, dengan tujuan menciptakan ekosistem yang lebih kompetitif.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berperan aktif dalam mendukung pengembang lokal melalui berbagai inisiatif. Seperti Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), yakni sebuah program yang membantu pengembang lokal memperluas akses ke pasar internasional​.

Selain itu, pemerintah juga berencana memberlakukan aturan yang mewajibkan pengembang game asing yang beroperasi di Indonesia untuk memiliki entitas hukum di dalam negeri.

Hal itu akan membantu pengembang lokal bersaing di platform internasional seperti Google Play, Apple Store, dan Steam. Dukungan itu diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas bagi game-game buatan Indonesia untuk bersaing di kancah global.

BACA JUGA:Seru, Mahasiswa Untag Gelar Turnamen Mobile Legend dan Cosplay Character di Grand City Mall Surabaya

BACA JUGA:Rahasia Kekuatan Zhuxin: Item, Skill, dan Taktik Mematikan dari Hero Baru Mobile Legends

Meski pertumbuhannya menjanjikan, industri game lokal masih menghadapi sejumlah tantangan. Terutama dalam hal akses modal. Banyak pengembang lokal kesulitan mendapatkan pendanaan yang cukup untuk memproduksi game dengan kualitas internasional.

Selain itu, mereka juga harus bersaing dengan studio-studio besar dari luar negeri yang memiliki pengalaman dan modal lebih besar.

Kategori :