Potret Kemeriahan Festival Bulan Bahasa dan Seni Unesa 2024

Rabu 09-10-2024,08:24 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Salman Muhiddin

Ia juga berharap festival ini tetap diadakan dan dikembangkan agar menjadi kantong solidaritas dan dapat menghilangkan sekat primordial.

"Kedepannya, semoga festival Bulan Bahasa dapat diselenggarakan sebagai festival bahasa tingkat internasional, sehingga dapat berfungsi sebagai wadah interaksi sosial di Fakultas Bahasa dan Seni," sambungnya.

Ketua BEM Fakultas Bahasa dan Seni, Florentine Morella, juga menambahkan bahwa di FBS terdapat banyak program kerja yang berkaitan dengan Bulan Bahasa.


Penampilan parade jaranan dari prodi sendratasik dalam acara Festival Bulan Bahasa dan Seni di depan gedung Fakultas Bahasa dan Seni UNESA_Selasa, 8 Oktober 2024. Dinar Mahkota Parameswari - Harian Disway.

“Karena fokus kita pada bahasa dan seni, berbagai bahasa dilombakan, dan setiap program studi memiliki program kerjanya masing-masing, termasuk lomba-lomba berskala nasional. BEM Fakultas mewadahi teman-teman untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan ini yang akan berlangsung hingga bulan Desember,” kata Ketua BEM FBS tersebut.

Beberapa rangkaian kegiatan dalam festival ini meliputi Deutsche Woche dari program studi Jerman, Festival Teater Pelajar Mahasiswa Nasional (FTPMN), Fun Sessions dari Sendratasik, Mandarin Festival, English Week, dan Japan Pop Culture yang diadakan pada bulan Oktober dan November.

Selain itu, terdapat juga pameran internasional seperti Sinestesia 7 Exhibition dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Sengkuni 6 Art Exhibition dari prodi Seni Budaya.

Puncak acara FBS Festival sendiri akan dikelola oleh BEM dan menjadi penutup rangkaian Festival Bulan Bahasa. Acara ini juga akan menghadirkan konser dengan bintang tamu Utopia yang akan dilaksanakan pada 7 Desember 2024.

BACA JUGA:Unesa Inisiasi Model Pariwisata Kesehatan Berkelanjutan di Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi

BACA JUGA:Bangga Unesa! Eks Persebaya Rachmat Irianto Lulus dari FIK, Bikin Autobiografi

Florentine juga menyatakan bahwa acara hari ini sekaligus menjadi soft opening Graha Sawunggaling, di mana grand opening-nya akan dilaksanakan bersama Rektor nantinya.

“Karena sebelumnya tidak ada panggungnya, akhirnya cukup banyak kendala yang ada. Namun, sekarang mulai ada tempatnya dan teman-teman juga sudah punya ciri khasnya sendiri, jadi harapannya kedepan bisa diperluas lagi audiensnya,” lanjutnya.

Memasuki acara selanjutnya, yaitu pertunjukkan yang akan ditampilkan oleh mahasiswa FBS Unesa, diawali dengan sambutan dari Ketua BEM FBS, Ketua Panitia Festival Bulan Bahasa FBS, Pembina BEM FBS, Dosen Perwakilan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, dan Wakil Dekan. Lalu dilakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya pertunjukkan.

Pertama ada penampilan dari teman-teman Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), yaitu mahasiswa asing yang membawakan Dongeng Jaka Tarub. Diketahui sebelumnya, acara ini diikuti tidak hanya oleh mahasiswa FBS, tetapi juga mahasiswa luar negeri seperti Korea, Jepang, Australia, hingga Malaysia.


Parade oleh mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra jawa dalam acara Festival Bulan Bahasa dan Seni di gedung pertunjukan sawunggaling UNESA_Selasa, 8 Oktober 2024. -Dinar Mahkota Parameswari - Harian Disway.

Sementara itu, juga ada pertunjukan campur sari dari prodi Bahasa dan Sastra Jawa, Keroncong, tari mandarin, permainan gitar solo dari mahasiswa UPSI, penampilan band FBS, dan masih banyak lagi.

Kategori :