Brembo Akuisisi Ohlins, Langkah Besar Menuju Dominasi Teknologi Suspensi Global

Minggu 13-10-2024,08:12 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Brembo, raksasa suku cadang otomotif asal Italia mengumumkan akuisisi 100% saham Öhlins, perusahaan Swedia yang dikenal dengan teknologi suspensi premiumnya, dalam kesepakatan senilai USD 405 juta (Rp 7 triliun). 

Akuisisi ini memperkuat posisi Brembo di pasar global dan menandai langkah besar dalam ekspansi portofolionya, dengan fokus pada solusi cerdas terpadu bagi industri otomotif.

Dua raksasa suku cadang otomotif dunia, Brembo dari Italia dan Tenneco, telah menandatangani perjanjian di mana Brembo akan mengakuisisi 100% saham Öhlins, perusahaan suku cadang otomotif asal Swedia yang terkenal dengan teknologi suspensi premiumnya.

Öhlins merupakan pemain utama dalam berbagai kejuaraan balap global, termasuk MotoGP, Formula 1, Superbike, dan NASCAR.

Kesepakatan ini menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah Brembo, menandai tonggak sejarah penting dalam perluasan portofolio perusahaan. Nilai akuisisi diperkirakan sekitar USD 405 juta (Rp 7 triliun). 

BACA JUGA:Pembekuan Spesifikasi Mesin MotoGP: Bagaimana Yamaha dan Honda Menyiasati Musim 2025-2026?

BACA JUGA:Bagnaia Targetkan Rekor Baru di MotoGP, Kejar Pencapaian Stoner, Marquez, Rossi, dan Lorenzo

Pembayaran akan dilakukan secara tunai tanpa utang, dengan penyesuaian harga yang lazim dalam transaksi besar.

Kesepakatan tersebut ditandatangani di kantor pusat Tenneco di Northville, Michigan, pada 11 Oktober 2024. Berikut adalah kutipan dari perwakilan masing-masing perusahaan yang disadur dari situs resmi Tenneco.com.

"Penjualan ini tidak hanya memposisikan Öhlins Racing dan karyawannya untuk meraih kesuksesan berkelanjutan di bawah kepemimpinan Brembo di pasar, tetapi juga mendukung strategi Tenneco untuk merampingkan portofolio bisnis dan memperkuat neraca kami, sambil terus menjalankan visi jangka panjang kami," ujar Jim Voss, CEO Tenneco.

Sementara itu, CEO Öhlins Racing, Tom Witten Schlaeger, mengatakan bahwa Seiring kerja sama kami dengan Brembo, ia gembira dapat membuka peluang pertumbuhan baru.

"Kami memanfaatkan kekuatan serta aset masing-masing untuk mendorong inovasi dan memberikan nilai lebih besar kepada pelanggan dan karyawan kami," ujarnya.

Matteo Tiraboschi, Ketua Eksekutif Brembo, menyatakan bahwa Öhlins sangat cocok untuk Brembo. Menurutnya, Öhlins adalah merek yang terkenal di dunia, dengan bisnis yang solid dan reputasi tak tertandingi, baik di lintasan balap maupun di jalan raya.

BACA JUGA:Francesco Bagnaia Sapu Bersih MotoGP Jepang 2024, Pangkas Jarak Poin dengan Jorge Martin

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Juara MotoGP Jepang 2024, Marquez Naik Podium

Kategori :