Pemain Naturalisasi Baru Kevin Diks dan Deretan Klub yang Pernah Dibelanya

Sabtu 12-10-2024,19:31 WIB
Reporter : Mochamad Farid Huda*
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - Pemain anyar yang akan menjalani naturalisasi Kevin Diks kariernya malang melintang di klub-klub Eropa. Kini Kevin Diks bakal memulai episode baru dengan mengarungi pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Timnas Indonesia.

Kevin Diks sebenarnya sudah lama dibidik oleh Shin Tae Yong. Namun Kevin Diks akhirnya bersedia untuk dinaturalisasi menjadi WNI setelah penantian 2 tahun.

Kepastian tersebut didapat setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengunggah kebersamaannya dengan Kevin Diks di Instagram pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

"Makan siang sama pemain FC Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, nggak lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia," kata Erick Thohir dalam caption-nya.

Sebelumnya, Kevin Diks menyatakan ketertarikannya untuk membela Indonesia melalui interview dengan media Denmark, Bold.DK pada hari Rabu 09 Oktober 2024 silam.

"Ini pertama kali mereka menghubungi agen saya, dan saya merasa terhormat karena mereka percaya saya bisa menjadi tambahan yang berarti bagi tim," ucap Kevin Diks.

Kevin Diks sendiri sudah malang melintang di sepak bola Eropa. Klub-klub terkenal pernah ia bela. Klub-klub papan atas Eropa pernah ia hadapi. Termasuk Manchester United yang begitu ikonik di Indonesia.

Berikut catatan perjalanan karier Kevin Diks di level klub.

BACA JUGA:Statistik Kevin Diks, Pemain Naturalisasi Indonesia Ketika Bermain di FC Copenhagen

BACA JUGA:Profil Kevin Diks, Bek Naturalisasi. Jago Penalti, Keturunan Marga Bakarbessy

Perjalanan Karier Kevin Diks 

Vitesse

Kevin Diks telah bergelut dengan sepakbola sejak usianya masih kecil. Dirinya lahir di Belanda pada 06 Oktober 1996 tepatnya di kota Apeldoorn.

Ia bergabung pada akademi sepakbola VIOS Vaassen pada 2002. Saat itu, dirinya berusia 6 tahun.

Pada tahun 2004, ia pindah ke AGOVV Apeldoorn, kemudian bergabung ke akademi Vitesse yang bertempat di Arnhem.

Berkat performanya yang bagus, ia berhasil menembus skuad utama pada 2014 dan menjalani debut di musim 2014/2015.

Kategori :