Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada Tujuh Satuan Kerja Polri

Senin 14-10-2024,11:09 WIB
Reporter : Syahida Rizky*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menganugerahkan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (satker) di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Markas Komando Korps Brigade Mobil (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok, pada Senin, 14 Oktober 2024. 

Penganugerahan ini berlangsung bersamaan dengan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan digelar pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Acara dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 138/TK tahun 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden. 

Presiden terpilih Prabowo Subianto turut hadir dalam acara tersebut. Keduanya tiba sekitar pukul 8.31 WIB di gerbang utama Mako Brimob. Jokowi dan Prabowo terlihat menggunakan setelan jas dengan dasi merah dan topi baret Brimob di atas kepala.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bakal Anugerahi Nugraha Sakanti untuk 7 Satker Polri

BACA JUGA:Pertama di Luar Pulau Jawa, Presiden Joko Widodo Resmikan Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Nusantara


Jokowi Beri Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satker Polri --YoTube Setpres

Setelah tiba sekitar pukul 08.31 WIB, Jokowi dan Prabowo menaiki Mobil Maung yang diiringi marching band menuju lapangan utama tempat upacara berlangsung. 

Apel dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti dengan penghormatan kepada Presiden yang berada di mimbar kehormatan.

 Adapun berdasarkan keterangan SSDM Polri, ketujuh satker yang dianugerahi tanda kehormatan Nugraha Sakanti

  1. Korbrimob Polri
  2. Korlantas Polri
  3. Bareskrim Polri
  4. Densus 88 Antiteror Polri
  5. Pusdokkes Polri
  6. Baharkam Polri
  7. Divisi Hubungan Internasional Polri

Penganugerahan ini diberikan berdasarkan prestasi masing-masing satker dalam berbagai bidang. Korbrimob Polri dianugerahi berkat keberhasilan dalam operasi penanganan kelompok radikal di Poso, Sulawesi Tengah, dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara: Langkah Besar Menuju Pusat Pemerintahan di Nusantara

BACA JUGA:Kemenag Gagas Peringatan Hari Santri 2024 dengan Tema Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Korlantas Polri diberi anugerah atas kinerjanya dalam mengamankan dan melancarkan arus mudik yang berlangsung tiap tahun, menyelenggarakan angkutan gratis saat mudik, inovasi penegakan hukum digital dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas lewat e-TLE, dan layanan digital terkait dokumen berkendara. 

Bareskrim Polri memperoleh penghargaan atas pengungkapan kasus-kasus kejahatan transnasional, seperti gembong narkoba Freddy Pratama dengan sandi operasi 'Escobar', dan membongkar sejumlah pabrik atau laboratorium narkoba yang dikendalikan jaringan mafia nasional serta internasional.

Kategori :