Protes Timnas Indonesia Direspon Minim oleh AFC, Exco PSSI: Sekjen AFC Enggak Jelas!

Senin 14-10-2024,12:28 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - Protes PSSI kepada AFC soal kontroversi wasit Ahmed Al Kaf sudah disampaikan. Di laga Bahrain vs Indonesia di matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Garuda bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah. 

Hasil seri itu berbau kontroversial. Terlebih saat gol kedua Bahrain yang dicetak oleh Mohamed Marhoon. Gol itu lahir di menit 90+9, padahal tambahan waktu yang diberikan hanya enam menit. 

Dalam pernyataan yang dirilis di laman resmi PSSI pada 11 Oktober 2024, organisasi sepak bola Indonesia itu menyebutkan bahwa surat protes sudah dikirimkan ke AFC.

PSSI menganggap keputusan wasit Ahmed Al Kaf selama pertandingan tersebut tidak adil dan memengaruhi jalannya laga. Sehingga mereka merasa perlu untuk meminta kejelasan dari AFC terkait hal itu.

BACA JUGA:Kevin Diks Perkuat Sektor Pertahanan Timnas Indonesia, STY Bingung Pilih Bek!

Respon Minim AFC Soal Kontroversi Laga Bahrain vs Indonesia


Timnas Indonesia Diklaim Terancam Dihukum AFC, Pressure Media Lokal Jelang Skuad Garuda Vs China-Screenshoot/YouTube-

AFC kemudian memberikan tanggapan atas surat protes tersebut. Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor John, meminta PSSI memberikan penjelasan yang lebih rinci terkait keluhan mereka.

Menurut Windsor, AFC membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai apakah keluhan PSSI berkaitan dengan performa wasit, manajemen waktu, atau masalah lain yang mungkin terjadi selama pertandingan.

Namun, tanggapan dari AFC itu memicu reaksi dari PSSI. Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif PSSI, mengaku bingung dengan permintaan klarifikasi dari Sekjen AFC.

BACA JUGA:Kevin Diks Resmi Dinaturalisasi Timnas Indonesia, Kemungkinan Debut November!

Exco PSSI, Arya Sinulingga, Buka Suara


Arya Sinulingga Bantah Windsor John Soal PSSI Belum Melayangkan Protes ke AFC: Saya Bingung---Dok. PSSI

Menurut Arya, PSSI sudah mengajukan protes sesuai dengan prosedur yang ada dan memberikan detail terkait masalah yang mereka temukan.

"Saya tidak mengerti kenapa Sekjen AFC meminta klarifikasi lagi. Pada 10 Oktober 2024, Pak Sumardji sudah menyampaikan keluhan langsung kepada match commissioner setelah pertandingan, tepatnya pukul 22.04 waktu Bahrain," ungkap Arya Sinulingga dalam unggahan di Instagram pribadinya, 13 Oktober 2024.

Kategori :