Debat Pilwali Surabaya: Edisi Pertama Hadirkan Lima Panelis, Bahas Kesejahteraan Masyarakat

Senin 14-10-2024,16:23 WIB
Reporter : Novia Herawati
Editor : Gunawan Sutanto

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengumumkan pelaksanaan debat publik pertama Pemilihan Wali (Pilwali) Surabaya 2024. Debat edisi perdana ini menghadirkan lima penalis dan membahas kesejahteraan masyarakat.

Debat edisi perdana itu mengusung tema "Meningkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Surabaya". Debat publik itu akan digelar di Dyandra Convention Hall pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi.

"Sejauh ini yang disampaikan, yang disepakati seperti itu. Kami akan mengundang paslon, akademisi, stakeholder, juga mengundang teman disabilitas," ujarnya ditemui di Surabaya, Senin, 14 Oktober 2024.

BACA JUGA:Eri-Armuji CalonTunggal, KPU Surabaya Tetap Gelar Debat Pilwali Surabaya 2024

Subairi mengatakan bahwa debat akan dilaksanakan selama 120 menit. Rinciannya, 90 menit on air (disiarkan di stasiun televisi) dan 30 menit off air berupa iklan layanan masyarakat.

Nantinya, ada lima panelis yang dihadirkan pada pelaksanaan debat publik pertama. Mereka akan memberikan pertanyaan kepada pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji.

"Panelis akan menyampaikan lima pertanyaan dan paslon akan menjawab. Itu lebih pada penajaman visi misi dan program dari pasangan calon," tambah Subairi.

Selain pertanyaan dari panelis, Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya juga menerima pertanyaan dari masyarakat melalui jaringan aspirasi. 

"Kami mengumumkan melalui website dan media sosial, di mana nanti email itu kita seleksi dan kita godok untuk menjadi pertanyaan," ujarnya.

BACA JUGA:Debat Pilwali Surabaya 2024, KPU: Maksimal Tiga Kali dan Tanpa Sesi Tanya Jawab

Sebagaimana Keputusan KPU Nomor 1363 tahun 2024 tentang pedoman teknis pelaksanaan kampanye, Subairi mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi debat publik sebanyak tiga kali.

Namun, pasangan calon dibebaskan untuk memilih berapa kali pelaksanaan debat. "Itu fasilitas yang diberikan. Memang tidak ada aturan harus diambil semua," tandas Subairi.

Berikut Lima Panelis Debat Publik Pertama Pilwali Kota Surabaya 2024:

1. Andi Suwarko (Akademisi)

Kategori :