Unair Siap Jadi Panelis Pilgub Jatim, Prof Nasih: Tapi Tunggu Penugasan

Selasa 15-10-2024,14:36 WIB
Reporter : Novia Herawati
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih menyatakan siap, bila ditunjuk menjadi panelis debat terbuka Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

"Tugas negara nggak boleh kita tolak, Unair selalu siap. Kita senang hati dan berbahagia untuk melaksanakan tugas negara, termasuk dari KPU," ujarnya ditemui di Kampus C Unair, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur akan menggelar debat terbuka pertama akan digelar di Dyandra Convention Hall, Jumat, 18 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kampanye Pilgub Jatim 2024 Masih Adem-Ayem

Debat publik ini akan menjadi ajang adu gagasan serta penyampaian visi misi dari tiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2024.

Mereka adalah paslon nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, paslon nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, dan paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Gus Hans.

Sebagai institusi negara, Universitas Airlangga menyatakan siap berpartisipasi. Apalagi terkait kepentingan negara seperti gelaran debat publik Pilgub Jatim 2024.

Namun, Prof Nasih juga menegaskan bahwa civitas akademika Universitas Airlangga tidak akan meminta penugasan. Mereka bersedia apabila ditunjuk.

BACA JUGA:Absennya Isu Lingkungan dalam Pilgub Jatim

"Mau ahli apapun ada. Kita punya semuanya kalau dapat tugas ya oke. Cuma kebiasaan Unair, kita nggak akan minta-minta untuk ditugaskan ini itu," tambahnya.

Kendati demikian, Prof Nasih menuturkan hingga saat ini, Universitas Airlangga belum mendapatkan tugas dari KPU Provinsi Jawa Timur terkait panelis debat.

"Jangan ragukan kesiapan Unair untuk Indonesia. Intinya Universitas Airlangga selalu siap kalau ditunjuk jadi apapun," tandas Prof Nasih. (*)

Kategori :