Deretan Nama dan Posisi Menteri Kabinet Prabowo, 5 Pos Kemenko Masih Misteri

Kamis 17-10-2024,09:20 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Jumlah kementerian di kabinet Prabowo Subianto nanti disebut mencapai 46 nomenklatur. Hal itu dikuatkan dengan jumlah para calon menteri dan wakil menteri tembus 107 orang.

Prabowo pun memberi pembekalan kepada mereka selama dua hari. Yakni mengumpulkannya di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, pada Rabu, 16 Oktober 2024. Dan akan berlanjut hari ini.

Namun, sejauh ini, belum bisa dipastikan nama-nama yang akan mengisi 46 pos kementerian Prabowo tersebut.

BACA JUGA:Prabowo Bekali Calon Menteri Selama 11,5 Jam, Pekan Depan Lanjut di Akmil Magelang

Mayoritas calon menteri enggan mengungkap posisi mana yang akan mereka tempati. Hanya beberapa di antara mereka yang berani membocorkan ke publik.

Misalnya, eks ketua umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra yang dipastikan mengisi pos Kementerian Koordinator Hukum dan HAM.

Selain itu, juga beredar rumor beberapa nama yang mengisi posisi strategis. Terutama pos kementerian koordinator.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan mendapat tugas di Kemenko Kemasyarakatan. Kemudian pos Kemenko Investasi dan Hilirisasi kabarnya akan diisi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau erick Thohir. 

BACA JUGA:7 Profil Guru Besar Kompeten, Ikut dalam Kabinet Prabowo?

Lalu Airlangga Hartarto tetap di Kemenko Perekonomian. Sedangkan dua pos kemenko lainnya, yakni Kemenko Politik dan Keamanan serta Kemenko Infrastruktur belum ada bocoran siapa yang akan menempati. 

Di sisi lain, beberapa nama lain akan mengisi pos yang sama seperti di kabinet Jokowi. Misalnya, Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia tetap sebagai menteri ESDM, Tito Karnavian tetap sebagai menteri dalam negeri, serta Dito Ariotedjo sebagai menteri pemuda dan olahraga.

Tentu, masih banyak lagi nama-nama baru. Yang jelas, kepastiannya baru bisa terungkap saat Prabowo melantik mereka pada 21 Oktober nanti. Tepat sehari setelah ia dilantik menjadi presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Berikut rumor daftar nama pengisi pos kementerian di Kabinet Prabowo-Gibran:


Rumor Daftar Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran-Arya Firman for Harian Disway-

Kategori :