Kenan Yildiz dan Samuel Mbangula, Bintang Muda Juventus di Golden Boy Awards 2024

Jumat 18-10-2024,14:25 WIB
Reporter : Mochamad Farid Huda*
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Kenan Yildiz dan Samuel Mbangula adalah dua bintang muda Juventus sekaligus perwakilan satu-satunya dari Serie A  yang berhasil masuk nominasi 25 besar Golden Boy Awards 2024.

Golden Boy Awards adalah penghargaan oleh jurnalis olahraga untuk pesepakbola muda berusia dibawah 21 tahun yang dinilai tampil mengesankan dalam satu tahun kalender yang bermain di kasta teratas Eropa.

Pemenang edisi sebelumnya adalah gelandang Real Madrid, Jude Bellingham.

Ia merengkuh penghargaan tersebut dengan poin 485 sekaligus membawahi Jamal Musiala yang mendapat poin 285 di posisi kedua dan Lamine Yamal dengan poin 92 di posisi ketiga.

Kenan Yildiz merupakan gelandang serang Juventus berdarah Jerman-Turki yang masih berusia 19 tahun.

Dirinya berhasil menembus skuad senior Juventus setelah tampil impresif di I Bianconeri U 23 dengan mencetak 2 gol dan 1 assist dari 15 pertandingan.

Sementara itu, Samuel Mbangula adalah sayap kiri Juventus yang berusia 20 tahun dan juga rekan sejawat Kenan Yildiz sedari Juventus Next Gen (Juventus U 23). Ia mengemas 2 gol dan 4 assist, dan bergabung dengan skuad senior pada 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jadwal Liga Italia Pekan ke-8: Big Match Juventus vs Lazio, AS Roma vs Inter Milan

BACA JUGA:Nicolo Fagioli Dilirik Tim Liga Inggris, Juventus Lebih Pilih Lepas Douglas Luiz


Potret gelandang serang berusia 19 tahun Juventus, Kenan Yildiz--Forza Juventus/x

Kenan Yildiz menjadi reguler starter  Bianconeri di bawah pelatih berdarah Brasil-Italia Thiago Motta. Ia telah memainkan semua tujuh laga Juve di Serie A sejauh ini, meskipun belum berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Kendati demikian, ia berhasil mencetak gol pembuka bagi Juventus di laga debutnya di Liga Champions kala Juventus menghancurkan PSV Eindhoven 3-1 di Allianz Stadium Juventus pada matchday 1 Liga Champions. 

Ia menerima umpan dari Nicolas Gonzalez pada menit 21’ dan menggiring bola dari tengah lapangan menuju kotak penalti. Lalu, ia melesakkan tendangan curve akurat yang mengarah ke tiang kiri penjaga gawang PSV Eindhoven, Joel Drommel. Gol.


Potret pemain sayap kiri berusia 20 tahun milik I Bianconeri, Samuel Mbangula--Football Talent Scout - Jacek Kulig/x

Samuel Mbangula yang juga merupakan winger kiri timnas Belgia, berhasil membukukan gol debutnya ketika I Bianconeri menjamu Como pada matchday 1 Serie A. Saat itu, Juventus berhasil mengalahkan tim tamu dengan skor tiga kosong tanpa balas.

Kategori :