MotoGP Australia 2024: Jorge Martin Pole Position, Marc Marquez Siap Mengancam

Sabtu 19-10-2024,08:30 WIB
Reporter : Hanata Dhefa Alifagus Amri*
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Jorge Martin merebut pole position dalam MotoGP Australia 2024. Bintang Pramac Ducati itu membukukan waktu tercepat 1 menit 27,296 detik dalam kualifikasi kedua (Q2) di Sirkuit Phillip Island, Sabtu pagi, 19 Oktober 2024.

Yang serem adalah deretan di belakangnya. Marc Marquez, yang selalu menjadi yang tercepat di sesi latihan, mengamankan posisi start kedua. Bintang Gresini itu terpaut 0,594 detik dari Jorge Martin.

Di belakangnya ada Maverick Vinales (Aprilia) dan Marco Bezzecchi (VR46 Ducati). Sementara itu, rival terberat Jorge Martin dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, Francesco Bagnaia, akan start dari posisi kelima.

Jorge Martin menjadi satu-satunya rider yang mengenakan ban depan Hard sejak awal Q2, meskipun suhu lintasan dingin dan lembab akibat hujan. Sebagai perbandingan, Bagnaia dan rekannya di Ducati, Enea Bastianini, baru ganti ban depan keras setelah putaran ketiga.

BACA JUGA:MotoGP Australia: Duo Marquez Guncang Persaingan, Martin dan Bagnaia Waspada

BACA JUGA:Sesi Practice MotoGP Phillip Island: Marc Marquez Tercepat!

"Pastinya itu rumit," kata Jorge Martin, ketika diwawancarai usai kualifikasi. "Trek mengering cukup cepat, sehingga kami tidak tahu apa yang diharapkan dari trek tersebut," jelasnya.


MotoGP Australia 2024: Jorge Martin pole position, Marc Marquez siap mengancam. Foto: Martin ketika menjalani kualifikasi, 19 Oktober 2024. -Paul Crock-AFP

"Saat aku keluar, kulihat semuanya kering. Hanya sedikit lembab dan banyak angin," tutur Martin. "Aku mampu meningkatkan banyak hal pada putaran kedua, dan aku sangat senang bisa kembali meraih pole position di sini. Ini luar biasa," lanjutnya.

Ini adalah ketiga kali beruntun Jorge Martin merebut pole position di MotoGP Australia. Namun, pada edisi 2022 dan 2023, ia gagal menjadi juara.

Pada musim 2022, juaranya adalah Alex Rins. Sedangkan tahun lalu, podium tertinggi diraih Johann Zarco. Jadi, apakah tahun ini ia akan kembali gagal juara meski meraih pole position?

BACA JUGA:Lintasan Basah, Free Practice 1 MotoGP Australia Dibatalkan

BACA JUGA:30 Hari Menuju Juara MotoGP: Drama dan Ketegangan di Paddock Jorge Martin vs Pecco Bagnaia

"Yang pasti balapannya akan sulit," ucap Jorge Martin. "Ada Marc yang kuat di belakangku. Dan menurut saya, kami adalah yang terbaik dalam hal kecepatan. Jadi, mari kita lakukan balapan yang bagus," katanya percaya diri.


MotoGP Australia 2024: Jorge Martin pole position, Marc Marquez siap mengancam. Foto: Martin memandang Marc Marquez ketika diwawancarai usai kualifikasi, 19 Oktober 2024. -Crash-

Jalannya Kualifikasi

Kategori :