MotoGP Australia 2024: Jorge Martin Pole Position, Marc Marquez Siap Mengancam

Sabtu 19-10-2024,08:30 WIB
Reporter : Hanata Dhefa Alifagus Amri*
Editor : Retna Christa

Sesi kualifikasi sudah seru sejak sesi pertama (Q1). Sebab, di situ ada beberapa pembalap papan atas. Misalnya saja Brad Binder (KTM), si rookie kencang Pedro Acosta (Gasgas Tech 3), dan bahkan bintang Ducati Enea Bastianini!

Bertarung dengan lintasan lembab, mereka harus pintar-pintar memilih ban. Bastianini baru keluar ke lintasan saat kualifikasi menyisakan 9 menit, dengan menggunakan ban flick.

Pada akhirnya, Raul Fernandez dan Enea Bastianini yang lolos ke Kualifikasi 2 (Q2). Luca Marini, Johann Zarco, Pedro Acosta, dan bintang tuan rumah, Jack Miller, gagal.

BACA JUGA:Fabio Di Giannantonio Mundur dari MotoGP 2024 Usai GP Thailand untuk Jalani Operasi Bahu

BACA JUGA:Moto2 dan Moto3 Alami Perkembangan Regulasi untuk Musim 2025

Sesi kualifikasi 2 dimulai dengan semua pembalap menggunakan ban slick. Jorge Martin, pemimpin klasemen sementara, langsung memilih ban depan Hard, satu-satunya pembalap yang melakukan hal tersebut.

Marc Marquez, pembalap tercepat di kondisi kering pada Jumat dan di kondisi basah pagi ini, mencoba melanjutkan performanya di sesi kualifikasi.


MotoGP Australia 2024: Jorge Martin pole position, Marc Marquez siap mengancam. Foto: Pecco Bagnaia ketika menjalani kualifikasi, 19 Oktober 2024. -Paul Crock-AFP

Fabio di Giannantonio mengalami insiden di tikungan 1, hingga bendera kuning diturunkan. Jorge Martin terus memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 28,365 detik.

Sebelumnya, Marc Marquez terlihat meluncur melewati tikungan Stoner dalam replay, dan para pembalap segera masuk ke pit untuk mengganti ban mereka di pertengahan sesi.

BACA JUGA:Pertarungan Barisan Belakang MotoGP Lebih 'Gila', Luca Marini Minta Peningkatan Kamera!

BACA JUGA:Dampak Kerusakan Mesin Marc Marquez di Sirkuit Mandalika dan Tantangan di GP Australia

Maverick Vinales menjadi yang pertama mencatatkan waktu 1 menit 27 detik. Sementara Marc Marquez naik ke posisi ketiga di belakang Martin.

Dengan 6 menit tersisa, Vinales masih menjadi yang tercepat. Disusul Martin, Marc Marquez, Raul Fernandez, dan Pecco Bagnaia. Namun, pada akhir-akhir sesi, Martin dan Marquez mencatatkan waktu lebih cepat.

Di lap terakhir, Francesco Bagnaia menyelamatkan posisi kelima, setelah mengganti ban depan dengan varian Hard seperti Martin dan Enea Bastianini. Meskipun Martin sempat ketakutan dengan sliding di bagian depan, ia tetap berhasil meraih pole position.

Saat ini, Jorge Martin unggul 10 poin saja dari Pecco Bagnaia di klasemen pembalap. Dengan balapan menyisakan empat seri (dan masih ratusan poin tersisa), segalanya masih bisa terjadi.

Kategori :