Prabowo Subianto Janji Utamakan Kepentingan Rakyat di Atas Segala Kepentingan

Minggu 20-10-2024,13:17 WIB
Reporter : Syahida Rizky*
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya setelah dilantik di Gedung MPR RI, Jakarta Pusat, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prabowo berjanji untuk menjalankan kepemimpinan yang bertanggung jawab dengan mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia di atas segala kepentingan lainnya. 

“Kami akan menjalankan kepemimpinan pemerintahan RI, kepemimpinan negara dan bangsa Indonesia dengan tulus, dengan mengutamakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, termasuk mereka yang tidak memilih kami,” ujar Prabowo.

Ia juga menegaskan komitmennya untuk melaksanakan sumpah jabatan yang telah diucapkannya bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo berjanji untuk mematuhi seluruh undang-undang yang berlaku dan menempatkan kepentingan rakyat di atas segalanya, tanpa memandang latar belakang politik.

BACA JUGA:Pidato Presiden Pertama Prabowo, Targetkan Indonesia Swasembada Pangan dan Energi

BACA JUGA:Prabowo Subianto Resmi Dilantik Sebagai Presiden RI ke-8

“Kami akan mengutamakan kepentingan bangsa Indonesia, kepentingan rakyat Indonesia di atas segala kepentingan, di atas segala golongan, apalagi kepentingan pribadi kami,” tambahnya.

Menurutnya, kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah tetapi karena pengorbanan yang sangat besar.

“Dan kita harus paham dan ingat selalu, pengorbanan yang paling besar adalah pengorbanan dari rakyat kita, dari rakyat kita yang paling miskin, wong cilik, yang berjuang, yang memberi makan kepada pejuang – pejuang,” tegas Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI

Oleh karena itu, Prabowo mengajak semua pimpinan dari semua kalangan untuk berani menghadapi tantangan-tantangan.

“Saudara-saudara sekalian, tantangan yang besar yang kita hadapi, ada yang berasal dari luar kita, tetapi harus kita akui, kita harus berani mengakui, banyak tantangan, banyak kesulitan, banyak rintangan yang berasal dari kita sendiri,” ujar Prabowo Subianto.

Dalam acara pelantikan ini, hadir sejumlah mantan presiden, termasuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Mantan wakil presiden pendamping SBY dan Jokowi, seperti Jusuf Kalla, Boediono, dan Ma'ruf Amin, juga terlihat hadir. Hanya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang absen karena sedang menderita flu usai lawatan ke Uzbekistan.

Kategori :