Mengapa Hari Santri Nasional 22 Oktober Dirayakan? Ketahui Dulu Sejarah, Makna, Tema, dan Logo Peringatan Tahun Ini

Selasa 22-10-2024,00:18 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA: Hari Santri 2024, Ini Logo, Tema, dan Theme Song yang Baru Saja Dirilis Menteri Agama


Sejarah dan makna peringatan Hari Santri Nasional. --Freepik

Makna Peringatan Hari Santri Nasional

Peringatan Hari Santri Nasional memiliki makna mendalam sebagai penghargaan atas peran besar santri dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta kontribusi mereka dalam menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Momen ini juga mengingatkan pada Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945, yang menjadi pemicu perlawanan terhadap penjajah. Tidak hanya mengenang perjuangan di masa lalu.

Hari Santri juga merupakan simbol komitmen santri untuk terus berkontribusi dalam pembangunan nasional. Mereka berperan dalam menjaga nilai-nilai keislaman sekaligus kebangsaan yang penting bagi kehidupan bermasyarakat.

BACA JUGA: Kemenag Gagas Peringatan Hari Santri 2024 dengan Tema Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Selain itu, peringatan ini mengakui peran santri dalam menciptakan masyarakat yang berakhlak mulia, damai, dan adil. Di masa kini, Hari Santri membawa makna lebih luas, yaitu sebagai pengingat akan tanggung jawab santri.

Yakni untuk tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga menjadi agen perubahan dalam sosial, budaya, dan pendidikan. Santri diharapkan dapat membantu membangun masa depan bangsa yang berkeadilan dan bermartabat.

Tema Hari Santri Nasional 2024

Peringatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2024 ini mengusung tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. Tema ini mengajak para santri untuk meneruskan semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pendahulu.

BACA JUGA: Segera Diterbitkan Kemenag, Begini Logo Hari Santri 2024 dan Makna Filosofinya

Sekaligus menghadapi tantangan masa kini dengan penuh optimisme. Menteri Agama periode 2020-2024, Yaqut Cholil Qoumas, menekankan betapa pentingnya peran santri dalam membentuk masa depan bangsa yang lebih gemilang.

"Saya mengajak seluruh santri di Indonesia untuk bersatu dan terus berjuang demi masa depan Indonesia yang lebih baik," ungkap Yaqut dalam pesan yang dirilis melalui laman resmi Kemenag RI pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Tema dan logo Hari Santri Nasional 2024. --Kemenag.go.id

Kategori :