Kantor Imigrasi Malang Ungkap Capaian Kinerja 2024, Dari Layanan Prima hingga Tingkatkan Inovasi Digital

Jumat 20-12-2024,13:07 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang sukses menorehkan berbagai pencapaian penting sepanjang 2024.

Mulai dari layanan paspor hingga penghargaan nasional. Hal itu sebagai pembuktian komitmen mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah yang mencakup empat kota dan tiga kabupaten.

"Kami tidak hanya mengejar target, tetapi juga berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara maksimal," tegas Kepala Kantor Imigrasi, Anggoro Widjanarko, dalam konferensi pers yang digelar Jumat, 20 Desember 2024.

Anggoro juga menegaskan bahwa tahun ini merupakan momentum penting dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan yang cepat, transparan, dan inovatif, sekaligus memperkuat penegakan hukum.

"Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja kami yang mencakup empat kota dan tiga kabupaten dengan total penduduk sekitar 6,9 juta jiwa,” ujar Anggoro.

Berikut adalah capaian signifikan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang selama tahun 2024:

1. Pelayanan Paspor

  • Total penerbitan paspor mencapai 73.338 dokumen, termasuk 18.402 paspor elektronik.
  • Penolakan terhadap 527 permohonan paspor yang terindikasi sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) nonprosedural.

2. Pelayanan Izin Tinggal

  • Total layanan izin tinggal (visa) yang diterbitkan sebanyak 1.999 dokumen, meliputi perpanjangan izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap.

3. Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian

  • Penanganan 53 tindak administratif keimigrasian, termasuk 15 kasus deportasi.
  • Pelaksanaan 8 operasi gabungan bersama instansi terkait.

4. Realisasi Penerimaan Negara

  • Pendapatan dari pelayanan paspor mencapai Rp33,81 miliar atau 333,68% dari target.
  • Total realisasi anggaran mencapai 97,49% dari target.

Penghargaan yang Diraih

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang juga menerima berbagai penghargaan, di antaranya:

  • Penghargaan dari KPPN Malang sebagai satuan kerja terbaik dalam Kinerja Pelaksana Anggaran untuk Triwulan I 2024.
  • Peringkat I kategori digitalisasi pembayaran atas inovasi dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan pembayaran.
  • Anugerah Humas Imigrasi Indonesia dari Direktorat Jenderal Imigrasi, mempertahankan gelar terbaik pertama dalam kategori pengelola layanan informasi dan pengaduan masyarakat.
  • Predikat Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian PANRB.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran kami serta dukungan penuh masyarakat. Kami bersyukur atas kepercayaan yang telah diberikan,” lanjut Anggoro.

Fokus pada Inovasi dan Edukasi

Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus menekankan pentingnya kolaborasi antara Kantor Imigrasi dan masyarakat.

“Kami akan terus memperkuat sinergi dengan para pemangku kepentingan dan meningkatkan pelayanan melalui inovasi digital. Harapan kami, pada tahun 2025, Kantor Imigrasi Malang dapat mempertahankan dan bahkan melampaui capaian tahun ini,” ungkap Herdaus.

Dalam upaya pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kantor Imigrasi Malang juga membentuk Desa Binaan Imigrasi dan kelompok PIMPASA (Petugas Imigrasi Pembina Desa).

Inisiatif ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melindungi mereka dari ancaman perdagangan manusia.


Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menggelar konferensi pers terkait pencapaian kinerja sepanjang 2024, Jumat, 20 desember 2024.-Imigrasi Malang.-

Acara ditutup dengan apresiasi dari Kepala Kantor Imigrasi kepada media yang telah berkontribusi dalam mendukung program-program keimigrasian.

Kategori :