HARIAN DISWAY - Sejarah itu terjadi di Qingdao, Provinsi Shandong, Jumat, 10 Januari 2025. Untuk kali pertama, Cetrovo 1.0, kereta berbahan serat karbon, mulai melayani penumpang.
Kereta buatan CRRC Qingdao Sifang Co. Ltd. tersebut diklaim lebih ringan dibanding kereta konvensional. Tubuhnya lebih enteng 20 persen. Sedangkan bogie (sistem penunjang roda-roda)-nya lebih ringan 50 persen.
Menurut Liu Jinzhu, desainer kereta tersebut, konsumsi energi juga lebih hemat 7 persen. Sehingga, menurunkan emisi karbon sekitar 130 ton dalam setahun. Itu setara dengan menanam pohon pada lahan seluas 6,7 hektar.
Kereta itu full menggunakan komposit serat karbon. Material tersebut memang dikenal punya rasio kekuatan yang lebih hebat dibandingkan beratnya. Artinya, dengan berat yang lebih ringan, ia punya kekuatan lebih dibandingkan logam atau aluminium.
BACA JUGA:CRRC Ciptakan Kereta Urban Canggih, Eropa Tertarik Tingkatkan Layanan Rel
BACA JUGA:CRRC Mantapkan Bus Pintar di Zhuzhou
"Dengan menggunakan 'raja' material baru ini, kereta berhasil mencapai pengurangan bobot hingga 11 persen dibandingkan dengan model logam tradisional," kata Liu Jinzhu yang merupakan desainer senior tersebut.
Meskipun memiliki rangka yang lebih ringan, konstruksi serat karbon tersebut tidak mengorbankan kekuatan. Liu menjelaskan bahwa komponen serat karbon memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap benturan dan kejenuhan dibandingkan dengan logam tradisional. Sehingga, pada akhirnya memperpanjang usia kereta.
KERETA CETROVO 1.0 melintasi rel di dalam Jalur 1 Kereta Metro Qingdao, 10 Januari 2025.-LI ZIHENG-XINHUA-
Bobot yang lebih ringan juga mengurangi keausan pada roda dan rel, sehingga meminimalkan kebutuhan perawatan.
Cetrovo 1.0 mengadopsi teknologi digital kembar canggih melalui platform operasi cerdas bernama SmartCare. Sistem tersebut memungkinkan kereta untuk melakukan diagnosis mandiri dan mendeteksi potensi masalah. Sehingga, bisa dipastikan operasinya aman dan efisien.
BACA JUGA:Yao Zhihui, Perempuan Teknisi Listrik di Kereta Cepat CRRC: Berlatih hingga Jari Kapalan
BACA JUGA:Kereta CRRC Naik ke Gunung Fuji
Biaya perawatan juga diproyeksikan 22 persen lebih rendah sepanjang siklus hidup kereta.
Berdasar foto-foto yang dirilis oleh Xinhua, para penumpang terlihat menikmati perjalanan pada Jalur 1 kereta metro di Qingdao tersebut. Mereka mengagumi serat karbon yang menjadi dinding gerbong kereta. Juga pada kursi yang ada di setiap gerbong.