Kecanggihan kereta tersebut juga terasa pada panel-panel di dalam kokpit. Meski canggih, pengoperasiannya tetap simpel. Hanya perlu satu masinis untuk menjalankan kereta itu.
PENUMPANG KERETA mengamati bangku yang juga dibuat dari serat karbon. Bahan itu diklaim lebih kuat meski bobotnya ringan.-LI ZIHENG-XINHUA-
Lyu Xiaojun, desainer senior lainnya di CRRC Qingdao Sifang, menekankan peran penting dalam mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon di sektor kereta api perkotaan Tiongkok.
"Kendaraan ringan adalah teknologi kunci untuk mengembangkan kendaraan kereta api ramah lingkungan dan rendah karbon," kata Lyu. Menurutnya, serat karbon, dengan bobot yang ringan, kekuatan tinggi, serta ketahanan terhadap kelelahan dan korosi, merupakan material ideal untuk tujuan ini.
"Peluncuran kereta baru ini menandai pergeseran signifikan dari material logam ke komposit serat karbon, menerobos batasan struktur tradisional dan mendorong teknologi kereta metro China ke tingkat yang lebih tinggi," kata Lyu.
PENUMPANG memasuki gerbong Cetrovo 1.0 yang mulai beroperasi pada Jumat, 10 Januari 2025-LI ZIHENG-XINHUA-
"Inovasi ini sangat penting untuk mempromosikan transformasi hijau transportasi kereta perkotaan dan mencapai tujuan ganda industri dalam pengurangan karbon," ucap Lyu. (*)