SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tecno berusaha menguasai pasar anak muda. Brand smartphone dari Tiongkok ini pun terus melakukan ekspansi. Baru-baru ini, mereka berkolaborasi dengan Apollo Gadget Store membuka gerai Tecno Experience Store di mall WTC Surabaya.
Tecno Indonesia Country Manager Shawn pun hadir dalam launching store Tecno di mall tersebut. Di sana, ia didampingi Owner Apollo Gadget Store Irwan Harianto. Berbagai tipe handphone dipamerkan di store tersebut.
Ia mengungkapkan, Tecno sebenarnya masuk di Indonesia sejak 2020 lalu. Ketika itu, penjualannya masih terfokus di e-commerce. Sejak 2023, brand yang berkantor pusat di di Shenzhen, Tiongkok barulah menjual secara offline.
“Sekarang, tidak hanya di Indonesia. Tetapi, kami menjual di beberapa negara. Kami pun selalu menyuguhkan teknologi terbaru kepada customer. Tentu dengan harga yang lebih terjangkau,” katanya saat ditemui di WTC, Sabtu, 22 Februari 2025.
BACA JUGA:Tecno Pova 6 Pro 5G Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya
Pun ia mengaku, secara umum brand yang berdiri sejak 2006 ini menyasar segmen kalangan muda. Karena itu, desain handphone yang mereka tawarkan sangat kekinian. Serta, menggambarkan teknologi masa depan. Hal inilah yang paling digemari generasi muda.
“Dengan harga yang terjangkau ini, dalam per bulan penjualan handphone kita bisa mencapai puluhan ribu unit. Angka itu terus naik seiring dengan tipe baru yang kami terus hadirkan,” katanya lagi.
Pun ia mengungkapkan, untuk lebih meyakinkan masyarakat Indonesia, service center Tecno pun sudah ada di kota-kota besar se-Indonesia. “Sejak penjualan offline, respon masyarakat sangat bagus. Kami pun terus ekspansi sampai sekarang,” terangnya.
Bahkan, ia membeberkan, pertumbuhan penjualan dari 2023-2024 sebesar 140 persen. Sementara, untuk di 2025 ini, Tecno menargetkan penjualan bisa tumbuh 50-60 persen dari total penjualan sepanjang 2024 lalu.
“Pertumbuhan penjualan yang terus meningkat dan semakin tinggi setiap tahunnya, memperlihatkan kepercayaan masyarakat terhadap kami. Tahun ini, kami targetkan ekspansi sebesar-besarnya,” tegasnya.
Sementara itu, Owner Apollo Gadget Store Irwan Harianto menambahkan, kehadiran Tecno ini ditargetkan bisa meningkatkan penjualan smartphone di store-nya. Sebab, brand ini menyasar pasar di segmen menengah kebawah.
“Karena spesifikasi yang tinggi, harga yang cenderung murah. Memang, beberapa brand lain sekarang berlomba-lomba untuk mengeluarkan handphone dengan harga kompetitif dengan spesifikasi tinggi. Nah, Tecno ini menambah pilihan baru masyarakat,” ungkapnya.
BACA JUGA:TECNO PHANTOM V Flip 5G Grand Exhibition: Penjualan Meningkat 250 Persen di Indonesia
Ia berharap, tahun ini semua brand handphone bisa mengeluarkan tipe baru. Sehingga, masyarakat tidak cepat bosan. Serta, dapat meningkatkan penjualan di store handphone. “Persaingan handphone 2025 ini pasti akan ketat dan lebih seru,” ungkapnya.