HARIAN DISWAY - Semangat generasi muda dalam berkarya menjadi pendorong utama pertumbuhan industri lokal di Indonesia. Dengan dukungan ekosistem digital, kreativitas mereka melahirkan inovasi yang memperkuat perkembangan brand lokal, menghadirkan produk yang relevan dengan tren dan kebutuhan pasar.
Sebagai bentuk dukungan terhadap potensi ini, Shopee berperan sebagai fasilitator yang memperluas jangkauan pasar, membuka akses lebih luas bagi pelanggan di seluruh Indonesia, serta mendorong pertumbuhan brand lokal melalui berbagai program dan kampanye strategis.
Dukungan terhadap brand lokal dan semangat anak muda dalam berinovasi telah membuka peluang bagi banyak pelaku usaha untuk membangun bisnisnya.
Salah satu contoh nyata adalah lahirnya Khadijah Label atau yang kini dikenal sebagai KHDJH. Sebuah brand yang didirikan pada tahun 2017 oleh Muhammad Themy Setiawan di usianya yang saat itu masih 20 tahun.
KHDJH hadir sebagai wujud dari mimpi besar dan semangat seorang anak muda untuk turut mewarnai industri fashion muslim Indonesia.
Memulai perjalanannya di dunia bisnis sebagai reseller, Themy melihat peluang lebih besar untuk menghadirkan produk fashion muslim berkualitas tinggi dengan harga yang tetap terjangkau.
Themy Setiawan, owner KHDJH mengatakan, "Selain berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas terbaik yang dapat merepresentasikan identitas muslimah modern, KHDJH juga menempatkan pengalaman konsumen sebagai prioritas utama.
Oleh karena itu, aksesibilitas dan kemudahan dalam menjangkau konsumen menjadi hal yang sangat kami perhatikan. Dalam perjalanan kami sebagai brand lokal, bergabung dengan Shopee menjadi salah satu keputusan strategis yang memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan KHDJH.
Ekosistem Shopee yang terintegrasi memungkinkan kami untuk menjangkau pasar yang lebih luas, membangun hubungan lebih erat dengan konsumen, serta memastikan distribusi produk berjalan lebih efisien.
BACA JUGA: ShopeeFood Checkout Murah, Favorit Pengguna di Penghujung 2024
Hingga kini, Shopee terus menjadi platform dengan kontribusi penjualan terbesar bagi KHDJH. Hal ini dapat tercapai berkat sejumlah program dan inisiatif Shopee yang mendukung penjualan. Salah satunya seperti kampanye 12.12 tahun lalu. Saat itu kami mengalami peningkatan penjualan hingga 6 kali lipat,” katanya.
Kisah KHDJH Membangun Bisnis Berkelanjutan dengan Berdayakan Komunitas Lokal
Dengan bekal pemahaman yang semakin matang serta modal yang telah ia kumpulkan, pada 2019 Themy mengambil langkah besar dengan mulai memproduksi sendiri barang-barang di bawah merek KHDJH.
Sejak awal, fokus Themy tidak hanya mengembangkan bisnisnya saja, namun juga pertumbuhan kolektif dengan menciptakan komunitas yang lebih berdaya dan berkelanjutan bersama masyarakat sekitar.