Bersaing Lewat Dampak: Arah Baru Kompetisi E-Commerce di Indonesia berdasarkan Riset Ipsos 2025.

Jumat 18-07-2025,07:00 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Di dalamnya, produk tak lagi sekadar komoditas, melainkan representasi dari usaha, nilai, dan identitas yang dibangun.

Menyusuri lanskap itu, kompetisi antar e-commerce tidak cukup diukur dari skala popularitas. Tetapi dari kemampuannya membangun ekosistem, sebuah sistem yang dinamis, penuh interaksi, menghadirkan lalu lintas pengunjung yang relevan, serta membuka peluang pertumbuhan berkelanjutan.

BACA JUGA:Klaim Saldo DANA Gratis Langsung Cair dengan Shopee Affiliate Program

Berdasarkan hasil riset IPSOS, kembali mencatatkan posisi Shopee lebih unggul dalam tiga persepsi kunci yang menjadi tolok ukur utama bagi UMKM dan brand lokal dalam memilih platform e-commerce:

1. Sebagai platform menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk pelanggan (67%)

2. Sebagai platform dengan ragam kategori produk yang paling luas (66%)

BACA JUGA:Brand Sandal Lokal Kingman Jadi Bukti Mantan Pegawai Kantoran Bisa Sukses Berkarya bersama Shopee sebelum 30

3. Sebagai platform memberikan keuntungan atau laba bersih paling tinggi (63%)


Fitur live streaming memberikan pengalaman belanja online dengan gaya baru. -Ilustrasi: Freepik-

Data di atas, bahwa yang paling penting bukan sekadar pilihan platform. Tetapi sejauh mana platform tersebut benar-benar mendorong hasil nyata bagi pelaku usaha lewat ragam program dan fitur yang dihadirkan.

Dalam konteks itu, Shopee tampil lebih unggul diikuti TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.

BACA JUGA:Rahasia Belanja Hemat dengan Diskon Melimpah dan Gratis Ongkir Tanpa Batas, Coba ShopeeVIP!

Hadirkan Kesempatan Tumbuh untuk UMKM dan Brand Lokal

Layaknya sebuah lomba maraton, tidak semua platform e-commerce melaju dengan kecepatan yang sama. Setiap langkah ditentukan oleh strategi yang mereka hadirkan.

Mulai dari laman lokal yang relevan, program edukasi yang memberdayakan, fitur interaktif yang mendorong visibilitas dan konversi, hingga kampanye tematik dan peluang ekspansi global.

Namun, dari semua inisiatif dan indikator tersebut, pertanyaannya tetap sama: siapa yang benar-benar unggul dan konsisten membuka jalan bagi pelaku usaha lokal untuk tumbuh dan berkembang?

BACA JUGA:KHDJH Buktikan Anak Muda Berkarya dan Berdaya di Industri Fashion Muslim Lokal bersama Shopee

Laman Khusus dan Program Edukasi

Kategori :