Dalam konteks itu, 62% responden menilai program iklan Shopee sebagai yang paling efektif dan merasakan peningkatan penjualan signifikan selama periode iklan berlangsung.
Pengaruh program & kampanye tematik
Bagi pelaku usaha lokal, partisipasi kampanye berskala besar seperti Ramadan menjadi salah satu momentum besar dalam perjalanan bisnis mereka.
Dengan tingginya intensitas belanja selama periode itu, para platform e-commerce pun saling adu strategi lewat kampanye tematik yang kompetitif dan menarik.
BACA JUGA:Shopee Live Vilmei Pecahkan Rekor! Flash Sale Mobil Rp 12 Ribu Bikin Heboh
Seperti Shopee Big Ramadan Sale, Ramadan Ekstra Seru di TikTok Shop dan Tokopedia, serta Ramadan Mega Sale Lazada. Untuk memahami sejauh mana efektivitas masing-masing kampanye, hasil riset berikut ini mengungkapkan:
Hasil riset Ipsos Indonesia terkait efektivitas e-commerce.-Dok. Istimewa-
Tingginya total persentase partisipasi menunjukkan bahwa banyak UMKM & Brand Lokal yang mengikuti lebih dari satu kampanye lintas platform secara bersamaan, memaksimalkan peluang dari berbagai kanal yang tersedia.
Namun demikian, kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM & brand lokal. Dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan selama periode promosi berlangsung.
BACA JUGA:Jadwal Flash Sale iPhone di Promo Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale
Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global
Di sisi lain, ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan bagi UMKM & Brand Lokal. Keterbatasan logistik, minimnya pemahaman terhadap pasar luar negeri, serta kurangnya pendampingan.
Oleh karena itu, program ekspor yang diusung para pemain e-commerce kini turut menjadi medan persaingan yang tak kalah mencuri perhatian.
Berdasarkan data, Shopee dianggap oleh mayoritas responden sebanyak 62%, sebagai e-commerce yang paling membantu UMKM menembus pasar global.
Belanja online makin nyaman dengan berbagai inovasi terbaru untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. -dok. istimewa-
Diikuti pemain lainnya, Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%). Lebih dari itu, mayoritas UMKM dan brand lokal yang mengikuti program Shopee Ekspor juga menyatakan dampak positif dari inisiatif tersebut terhadap pertumbuhan bisnis.
Pada Riset Ipsos 2025 kali ini menunjukkan bahwa di era kompetisi digital yang makin kompleks, platform yang akan bertahan dan menang adalah yang mampu menjadi katalis pertumbuhan berkelanjutan bagi UMKM dan brand lokal.