HARIAN DISWAY - Ngobrol santai dengan kecerdasan buatan buatan Meta kini tak lagi sekadar percakapan biasa.
Mulai 16 Desember mendatang, obrolan pengguna dengan Meta AI akan jadi bahan bakar baru untuk iklan dan rekomendasi di aplikasi Meta.
Kebijakan tersebut baru saja diumumkan oleh Christy Harris, manajer kebijakan privasi dan data Meta.
BACA JUGA:Instagram-Facebook Down, Elon Musk Bully Meta di Platform X
BACA JUGA:Meta Rilis Fitur untuk Batasi Konten Politik di Instagram dan Threads
Itu berarti, jika Anda sedang berbincang dengan Meta AI soal liburan keluarga, maka jangan heran bila linimasa Facebook Anda tiba-tiba dipenuhi Reels tentang wisata pantai atau paket perjalanan. Obrolan ringan bisa berubah jadi pintu masuk iklan yang lebih personal.
Meta menegaskan bahwa notifikasi mengenai kebijakan baru itu akan mulai muncul pada 7 Oktober.
Hanya ada satu jalan untuk menghindar. Yakni dengan tidak menggunakan Meta AI sama sekali. Atau sekalian menutup akun.
BACA JUGA:Meta Connect 2025, Ray-Ban Display dan Oakley Vanguard Bawa Era Baru Kacamata Pintar
BACA JUGA:Facebook Jadi Sorotan, Minta Akses Media Pribadi di Kamera Pengguna untuk Fitur AI Meta
Logo Meta. --Meta.com
“Kami ingin benar-benar transparan dan memberikan peringatan sebelum data percakapan digunakan dengan cara baru,” kata Harris.
Langkah itu juga berlaku pada interaksi suara lewat Ray-Ban Meta Smart Glasses. Apa yang Anda ucapkan ke kacamata pintar itu nantinya bisa memengaruhi isi feed yang Anda lihat.
Banyak pengguna mungkin sudah mengira hal itu terjadi sejak lama. Tapi Meta menekankan bahwa saat inilah pertama kalinya obrolan dengan AI resmi digunakan untuk tujuan iklan.
BACA JUGA:Cara Matikan Fitur Meta AI di Android dan iOS