Yang pertama adalah Structure. Menurut Ria, hal pertama yang perlu dimiliki seorang pebisnis ialah rancangan tim produksi.
Sebagai pelaku bisnis, struktur tenaga kerja yang akan dibentuk harus disesuaikan dengan standar yang ada.
Anaria Souvenir sekarang telah menjadi bisnis yang profesional. Karena memiliki struktur pekerja yang lengkap.
Mulai dari bagian manajemen, seperti Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Research and Development (RnD), dan bagian operasional seperti sales man.
"S" kedua ialah Staff atau sumber daya manusia. Bagi pemula, sumber daya itu bisa didapatkan melalui sistem rekruitmen terbuka. Atau mengajak kenalan yang dirasa berkompeten sesuai dengan divisi yang dibutuhkan.
Sesi tur kantor yang dipandu oleh Fani Wijayanti, salah seorang staff Anaria Souvenir. Di dalam tim, Fani berperan sebagai Head of Commercial. -Nazwarahma-HARIAN DISWAY
Ketiga, Skills. Kemampuan para pekerja dalam sebuah bisnis penting untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan.
BACA JUGA:Unair Library Club Xpo: Catatan dari Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan
Di era digital yang serba cepat, pekerja tentu memiliki tanggung jawab untuk dapat segera beradaptasi dan menguasai perkembangan tren yang ada.
Kunci kesuksesan sebuah bisnis yang keempat ialah Strategy. Seorang pemimpin bisnis tentu memiliki visi utama dalam menjalankan usahanya.
Menurut Ria, strategi yang matang sangat diperlukan. Agar bisnis bisa bertahan lama dan tidak termakan zaman.
Selanjutnya, System. Sistem yang dipraktikkan di dalam sebuah usaha bisnis sangat menentukan kualitas luaran yang dihasilkan.
BACA JUGA:DATE 2K25, Kegiatan Pengenalan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNAIR Berbasis Kekeluargaan