Lost and Found KAI Daop 8 Simpan 173 Tumbler

Jumat 28-11-2025,21:06 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya terus mendorong budaya perjalanan ramah lingkungan melalui kampanye penggunaan tumbler pribadi serta penyediaan fasilitas isi ulang air minum di berbagai stasiun.

Namun, kedisiplinan penumpang masih menjadi tantangan. Sepanjang Januari hingga Oktober 2025 tercatat 197 tumbler tertinggal di area stasiun maupun di dalam kereta. Dari jumlah tersebut, hanya 24 tumbler yang telah diambil kembali oleh pemiliknya, sementara 173 tumbler lainnya masih tersimpan di layanan lost and found.

“Fasilitas Water Station sudah tersedia dan kami mengajak penumpang membawa tumbler pribadi. Selain lebih sehat, langkah kecil ini membantu mengurangi sampah plastik,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat, 28 November 2025.

Fasilitas Water Station kini tersedia di sejumlah stasiun besar seperti Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Lamongan, dan Sidoarjo. Seluruh stasiun keberangkatan di wilayah Daop 8 akan dilengkapi fasilitas serupa secara bertahap. Penumpang dapat mengisi ulang air minum secara mandiri menggunakan tumbler sebelum naik kereta.

BACA JUGA:KAI Daop 8 Surabaya Pastikan Jalur Lawang–Wlingi Aman dan Andal

BACA JUGA:DAOP 8 PT KAI, KidZania, dan Grand Whiz Hotel Praxis Meriahkan Hari Anak Nasional 2025

KAI juga mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap barang bawaan, sebab kehilangan atau kerusakan barang bukan menjadi tanggung jawab operator. Setiap stasiun memiliki layanan lost and found untuk mencatat, menyimpan, dan mengamankan barang temuan hingga diambil pemiliknya.

Pengambilan barang dilakukan di Pos Pengamanan Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang. Prosedurnya, penumpang melapor kepada petugas stasiun, kemudian petugas akan memeriksa daftar barang temuan. Jika cocok, barang dapat diambil dengan menunjukkan identitas dan bukti kepemilikan.

Luqman berharap edukasi berkelanjutan dapat meningkatkan ketelitian penumpang, terutama sebelum meninggalkan kereta.

BACA JUGA:KAI Daop 6 Yogyakarta Imbau Masyarakat Hentikan Vandalisme terhadap Kereta Api

 

 

“Kami mengimbau pelanggan untuk menjaga barang bawaannya. Jika ada barang tertinggal segera laporkan karena KAI memiliki layanan resmi Lost and Found,” tegasnya. (*)

Kategori :