Jatim Bisa Jadi Tuan Rumah Turnamen Pramusim PSSI

Jatim Bisa Jadi Tuan Rumah Turnamen Pramusim PSSI

Arema FC saat menjuarai turnamen pramusim Piala Presiden--

PSSI dan PT LIB merencanakan turnamen pramusim pada Juni. Mereka mempertimbangkan dua lokasi untuk menggelar turnamen itu, yaitu Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan, Jawa Timur menjadi pertimbangan karena tidak mendapat bagian menjadi tuan rumah di seri Liga 1 2021/2022. Jawa Timur sebenarnya menjadi tuan rumah seri ketiga.

Namun, rencana itu batal karena terlalu rumit dengan banyaknya tim dari Jawa Timur sendiri. Sementara itu, klub tidak boleh berlaga di kandang masing-masing.

Kemudian, seri ketiga dipindah ke Jawa Tengah dan Yogyakarta yang juga menjadi tuan rumah seri kedua. Sedangkan seri pertama digelar di Banten dan Jakarta. Seri keempat sekaligus penutup digelar di Bali.

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh menjelaskan bahwa turnamen pramusim itu nanti berbeda dengan Piala Wali Kota Surabaya. Keduanya memang sama-sama digelar pada medio Juni. 

Piala Wali Kota dijadwalkan pada 1–11 Juni mendatang. Untuk turnamen pramusim, belum ada kepastian jadwal. ”Di Jawa Timur ada Piala Wali Kota dan itu hanya empat tim yang ikut. Kalau yang nasional itu ada Piala Presiden (turnamen pramusim, Red),” ujar Riyadh. 

Riyadh menjelaskan, pihaknya memang tidak terlibat dalam perencanaan turnamen pramusim. Sebab, hal itu dikelola PT LIB selaku operator liga profesional. Tetapi, dari asprov sendiri menyambut antusias jika turnamen pramusim bisa digelar di Jatim.

”Klub Liga 1 kan paling banyak dari Jatim. Jadi, bisa dimulai dari sini (kompetisinya, Red). Karena kami kepanjangan tangan PSSI di daerah, kami siap memberikan bantuan jika diperlukan,” kata Riyadh.

Ia juga memastikan bahwa turnamen pramusim nanti tidak bertabrakan dengan jadwal Piala Wali Kota. ”Kalau memang jadi, pastinya tidak akan bertabrakan (jadwalnya). Beda nanti tanggalnya,” imbuhnya. (Ragil Putri Irmalia)

 

Sumber: harian disway