Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur, Meninggal Dunia

Lily Wahid, Adik Kandung Gus Dur, Meninggal Dunia

Lily Wahid-Radar Tegal-DNN-

BERITA duka datang dari keluarga besar pendiri Nahdlatul Ulama Hasyim Asy'ari. Cucu Mbah Hasyim yang juga adik kandung KH Abdurrahman Wahid, Lily Chodidjah Wahid, meninggal dunia sore tadi (9/5) pukul 16.28 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Kabar duka itu disampaikan oleh Irfan Wahid atau dikenal dengan Ipang Wahid, keponakan Lily.

"Mohon dimaafkan kesalahan beliau semasa hidupnya," tulis Ipang dalam pesan yang disebarkan. 

Jenazah saat ini disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. Hari ini (10/5), pukul 05.00, jenazah diberangkatkan ke Jombang untuk dimakamkan di kompleks pemakaman Pesantren Tebuireng. Di tempat itu juga dimakamkan KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur. 

Lily saat hidupnya juga aktif sebagai politikus PKB. Saat terjadi konflik PKB antara Muhaimin Iskandar dan Gus Dur, Lily berada di kubu Muhaimin. Perempuan yang meninggal di usia 74 tahun itu kemudian menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. 

Namun di tengah periode, dia berseberangan dengan Muhaimin.Pada 2013, dia dan Effendy Choirie mendukung hak angket Bank Century. Padahal fraksi PKB menolak. Puncaknya, saat voting, dua politikus itu berbeda suara dengan fraksi. Alhasil, Gus Choi –sapaan Effendy Choirie– dan Lily Wahid dipecat oleh PKB. Lily kemudian masuk Partai Hanura. Sedangkan Gus Choi masuk ke Partai Nasdem. (tom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: